Saturday, February 12, 2022

Vaksin Booster

Minggu-minggu ini adalah waktunya untuk vaksin booster, karena sudah 6 bulan lamanya dari vaksin kedua. Untuk vaksin booster ini ada 3 pilihan yaitu vaksin AstraZeneca, vaksin Pfizer dan Vaksin Moderna.

Aku tidak memilah dan memilih untuk vaksin booster, sama hal-nya saat mendapatkan vaksin pertama dan vaksin kedua. Namun tidak ada salahnya untuk mencari tahu apa perbedaan ketiga vaksin tersebut. Berikut adalah beberapa info grafis mengenai hal tersebut.


Tujuan umum pemberian vaksin adalah untuk agar tubuh kita dapat bereaksi terhadap protein lonjakan dan membuat antibodi yang akan melindungi terhadap Covid-19, yait dengan menggunakan kode genetik untuk memicu reaksi. 

Untuk AstraZeneca menggunakan kode DNA sedangkan untuk Pfizer menggunakan kode mRNA. AstraZeneca menempatkan kode genetik di dalam adenovirus, yang kemudian menginfeksi sel. Sedangkan Pfizer menempatkan kode di dalam sel.

Dikutip dari news.com.au disebutkan perbandingan dua vaksin tersebut dalam mengurangi penyakit serius dan kematian, sebagai berikut:


Sumber lain dari bbc.com menyebutkan sebagai berikut:


Dan sumber lainnya lagi dari statista.com, sebagai berikut:


Beberapa studi menunjukkan bahwa efektivitas vaksin berkurang lebih cepat ketika menghadapi mutasi viral load tinggi dari virus corona, seperti varian Delta. Bahkan sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Independent dan lainnya, vaksin Pfizer 90 persen efektif melawan infeksi viral load tinggi satu bulan setelah dosis kedua. Namun, ini menurun menjadi 85 persen setelah dua bulan dan 78 persen setelah tiga bulan, kehilangan dua belas poin persentase. 

Studi ini juga melihat vaksin Oxford/AstraZeneca, yang banyak digunakan di Inggris, Eropa, dan tempat lain. Untuk vaksin ini, efektivitasnya hanya turun 6 poin persentase, dari 67 persen menjadi 61 persen, dalam periode waktu yang sama. 

Terlepas dari hal tersebut, kedua vaksin tersebut memiliki efektivitas yang hampir sama setelah sekitar lima bulan pasca vaksinasi penuh dan bahwa kedua vaksin tetap efektif mencegah infeksi oleh varian apa pun, termasuk Delta, dan juga keduanya masih sangat efektif mencegah rawat inap atau kematian dalam kasus infeksi COVID-19.

Dan hari Sabtu ini, sehabis gowes, aku menjalani vaksin booster atau dosis 3 di Surabaya yang dilaksanakan massal digelar Galaxy Mall Surabaya, mulai Senin hingga Sabtu, 7-12 Februari 2022. Vaksin booster di Galaxy Mall ini menggunakan vaksin ASTRAZENECA. Peserta tidak dipungut biaya alias gratis.

Vaksin dosis 3 ini juga untuk masyarakat umum. Siapa pun boleh mendaftar. Jam vaksin dimulai pada pukul 08.00 WIB - 14.00 WIB, lokasi di Southwest Atrium Galaxy Mall 3 Lt. Ground (Depan The Gourmet) dengan kuota : 2.500 dosis / hari.

Sumber :

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20201124174704-40-204309/beda-vaksin-covid-19-astrazeneca-pfizer-dan-moderna

https://www.news.com.au/world/coronavirus/australia/covid-vaccine-australias-pfizer-astrazeneca-rollout-risks-and-restrictions/news-story/dbf0a110aa8c4f5c93f8a1fa5d11ac9e

https://www.bbc.com/news/world-europe-58426880

https://www.statista.com/chart/25575/pfizer-astrazeneca-efficacy-loss/

No comments:

Post a Comment

Related Posts