Saturday, February 26, 2022

Cuci AC Sendiri

Saat punya waktu lebih tidak salahnya kita merawat dan membersihkan AC di rumah sendiri tanpa harus mengeluarkan uang untuk membayar jasa tukang. AC perlu dicuci karena debu yang dibiarkan terus menumpuk di filter AC juga dapat membuat beban kerjanya semakin berat.

Hal yang paling utama dibersihkan adalah saringan (filter) AC.

Untuk mengawali, pastikan AC dalam keadaan mati. Dan supaya lebih aman pakai masker. Kemudian kita buka penutup atau cover AC. Filter AC kita bersihkan dari debu-debu yang menumpuk dengan menggunakan kuas dan lap serta alat penyemprot air. Setelah itu keringkan dengan cara diangin-anginkan.

Setelah bagian kecil, yakni unit indoor yang terdiri dari filter dan cover tadi selesai, lalu kita beranjak pada bagian yang lebih besar, yang meliputi bagian indoor seperti evaporator dan juga bagian outdoor.

Bilah evaporator perlu kita bersihkan, namun sebelumnya jangan lupa untuk menutupi area lantai dan dinding di dekat AC. Karena jika tidak air kotor akan menetes dan mengotori lantai serta dinding. Kita bisa menutupnya dengan "plastik cuci ac cover ac 1/2 pk 1 PK kecil" yang banyak dijual di toko online. Di lantai kita siapkan ember untuk menampung kucuran air.


Semprotkan air ke bilah AC agar kumparan evaporator menjadi bersih. Pastikan semprotan Anda tepat sasaran dan tidak merusak komponen lain. 

Untuk bagian outdoor, awali dengan membersihkan debu yang menempel di kisi-kisi pendingin dengan menggunakan kuas. Lalu untuk membersihkan dari dalam kita gunakan air. Siramkan ke kisi-kisi AC dari sisi depan tanpa melepas bagian kipas. Siramlah dari sela-sela kipas ke arah depan dan ke kiri. Hindari area kanan, karena ada mesin kompresor berbentuk kotak dan dilindungi plat seng.


Sumber :
https://www.99.co/id/panduan/cara-membersihkan-ac-sendiri
https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebersihan-diri/panduan-cara-membersihkan-ac/

No comments:

Post a Comment

Related Posts