Monday, February 7, 2022

New Dubai

Setelah membahas mengenai New Africa, sekarang kita bahas New Dubai. Dubai Baru ini berada di negara Sri Lanka yang nantinya kota ini dibangun di atas pasir dan akan menyaingi pusat keuangan dunia lainnya seperti Dubai, Singapura hingga Hong Kong. 


New Dubai merupakan sebutan para pejabat Sri Lanka menggambarkan proyek Colombo Port City (Kota Pelabuhan Kolombo) sebagai kota metropolitan berkilau yang menjulang tinggi di sepanjang tepi laut ibu kota negara itu. 

Colombo Port City dibangun di sebelah kawasan bisnis Kolombo yang rimbun, hamparan pasir yang direklamasi dari laut. Sebagai permulaan dibuat seluas 665 hektare (2,6 km persegi) lahan baru, negara tersebut membutuhkan investasi dari China Harbour Engineering Company (CHEC) sebesar $1,4 miliar. Sebagai imbalannya, perusahaan tersebut telah diberikan 43% dari itu dengan sewa 99 tahun.

Diperkirakan megaproyek ini akan memakan waktu sekitar 25 tahun dan ditargetkan kota itu akan dihuni sekitar 80 ribu orang dan memiliki aturan bebas pajak atau tax holiday untuk beberapa investor. Kota ini nantinya akan menjadi pusat keuangan internasional lepas pantai, area perumahan, dan marina.



Sumber :
https://www.viva.co.id/berita/dunia/1441645-11-fakta-china-sedang-bangun-dubai-baru-dibuat-selama-25-tahun
https://www.cnbcindonesia.com/news/20220120065303-4-308866/china-bangun-dubai-di-sri-lanka-pusat-ekonomi-baru-dunia
https://www.trenasia.com/china-bantu-sri-lanka-bangun-kota-pelabuhan-saingan-dubai-dan-hong-kong

No comments:

Post a Comment

Related Posts