Tuesday, February 15, 2022

Kaca Film

Tune Up Mobil sudah. Lalu cuci dan service AC mobil juga sudah. Bahkan service radiator sudah juga. Sisa satu lagi yang belum untuk dilakukan untuk mengurangi panasnya suhu dalam kabin mobil, yaitu ganti kaca film.

Kenapa harus ganti kaca film mobil?

Sebelumnya kita bahas tentang kaca film. Kaca film mobil berfungsi untuk mereduksi atau mengurangi panas dan sinar matahari yang masuk ke kabin sehingga suhu di ruang kabin mobil terasa lebih sejuk. Namun saat kita memarkirkan mobil di bawah sinar matahari langsung, hal tersebut dapat berakibat buruk untuk kaca film.

Karena paparan sinar matahari langsung akan membuat lapisan warna kaca film akan memudar, hal ini terlihat dari perubahan warna kaca film bila dilihat dari luar mobil. Secara umur pemakaian, biasanya umur kaca film mobil bisa sampai 5 tahun.

Menambah atau mengganti kaca film pada mobil kesayangan ternyata tidak bisa asal dilakukan. Sebab, ada aturan kaca film mobil sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku. Seperti yang AutoFamily ketahui, kaca film berfungsi untuk menyejukkan kabin sekaligus pengaman dari berbagai macam gangguan dan bahaya di luar. 

Sebelum memilih dan membeli kaca film ada baiknya untuk mempertimbangkan tingkat kegelapan namun jangan sampai melebihi batas tertentu. Kita harus menyesuaikan dengan aturan yang berlaku yaitu Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca pada Kendaraan Bermotor.

Harga kaca film yang standart adalah sekitar 750 ribu hingga 1 juta. Yang premium bisa diatas 2 juta. Namun juga ada kaca film yang cukup terjangkau dengan harga tidak sampai 500 ribu. Selain karena masa promo yang membedakan adalah masa waktu pakai. 

Kaca film pada umumnya mempunyai 2 pilihan warna yaitu hitam dan silver.

Sedangkan untuk pilihan tingkat kegelapan memiliki beberapa tingkat, yaitu mulai 20, 40, 60 hingga 80 persen. 

Yang perlu diperhatikan sebelum membeli kaca film adalah daya tolak panas atau Total Solar Energy Rejected (TSER), misalnya salah satu brand yang standard adalah yang tipe warna hitam bisa sebesar 45 persen sedangkan yang silver bisa sampai 70 persen.

Sedangkan untuk kemampuan menolak sinar ultraviolet (UV) ke dalam kabin mobil pada umumnya sama yaitu bisa hingga 99 persen.

Jadi pilah lalu pilih yang tepat dan yang sesuai ya sebelum membeli.


Sumber :

https://www.gridoto.com/read/222422816/kaca-film-di-mobil-sering-dijemur-matahari-bisa-rusak-apa-benar?page=all

https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/aturan-kaca-film-mobil#

https://www.gridoto.com/read/222704382/mumpung-lagi-promo-pasang-kaca-film-miracle-mulai-rp-170-ribu?page=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts