Tuesday, February 22, 2022

Matrix of Knowledge

Jika kita amati perilaku seseorang maka dapat kita ketahui karakter seseorang. Dengan menggunakan Rumsfeldian Knowledge Matrix kita bisa mengetahui potensi seseorang sejak dini. Dan dengan mengidentifikasi hal-hal yang tidak diketahui (unknowns) maka dapat membuat kita untuk dapat berada di tempat yang lebih baik untuk bertindak.

Rumsfeldian Knowledge Matrix atau Matriks Pengetahuan Rumsfeldian adalah sebagai berikut:

Dengan referensi diatas kita dapat menemukan titik terbaik dalam mencari dan mendapatkan pengetahuan, sekaligus menjadi panduan yang dapat kita gunakan untuk merencanakan pengetahuan yang akan kita cari dan dapatkan tersebut.

Dari Rumsfeldian Knowledge Matrix diatas kemudian dapat diturunkan menjadi Matrix Knowledge sebagai berikut: 

Empat domain pengetahuan diatas ada selama proses pembelajaran. Yang pertama melibatkan yang diketahui (the known knowns), pengetahuan yang diketahui dan mudah diakses untuk membantu mengatasi masalah yang sudah dikenal. 

Berikutnya adalah yang tidak diketahui yang diketahui (the known unknowns), atau pengetahuan yang saat ini tidak disadari tetapi dapat diakses. Contohnya adalah menemukan informasi tentang sintaks pemrograman python, yang saat ini tidak saya ketahui. 

Bentuk ketiga adalah yang tidak diketahui (the unknown knowns). Ini didefinisikan sebagai pengetahuan yang diketahui ada tetapi tidak tahu bagaimana mengakses/memperolehnya. Contohnya adalah penyelesaian tugas yang tidak tahu bagaimana memulai/meneliti. 

Kasus terakhir adalah tidak diketahui tidak diketahui (unknown unknowns), pengetahuan yang tidak dimiliki seseorang yang tidak dia sadari. Dalam hal ini, seseorang sebenarnya tidak tahu apa yang sedang terjadi dan apa yang penting untuk diketahui. Ini mungkin terjadi ketika seseorang terlalu sibuk di tempat kerja dan kehilangan alur diskusi di forum.

Dan kemudian dari matrix-matrix diatas kemudian dapat kita turunkan lagi ke dalam matrix yang disebut juga sebagai Johari Windows dibawah ini

Yaitu terbagi menjadi 4, sebagai berikut:

  • Kuadran 1 : AMANAH = TAHU apa yang saya TAHU
  • Kuadran 2 : BELAJAR = TAHU apa yang saya tidak TAHU
  • Kuadran 3 : BERUNTUNG = TIDAK TAHU apa yang SAYA TAHU
  • Kuadran 4 : MERUGI = TIDAK TAHU apa yang saya TIDAK TAHU


Sumber :

https://medium.com/@morespace4light/the-planning-fallacy-this-is-a-thing-8df1a26a792d

https://ianmchugh.wordpress.com/2014/04/15/the-rumsfeldian-knowledge-matrix/

https://towardsdatascience.com/auto-generated-faq-with-python-dash-text-analysis-and-reddit-api-90fb66a86633

https://id.scribd.com/presentation/442722925/johari-windows-pptx

No comments:

Post a Comment

Related Posts