Wednesday, July 27, 2016

Yahoo

Pagi ini terkaget-kaget berita di media sosial yang memberitakan bahwa Yahoo diakuisisi Verizon senilai 65 Triliun. Adalah perusahaan telekomunikasi AS, Verizon Communications Inc., yang mengakuisisi perusahaan internet, Yahoo Inc.

Verizon membeli Yahoo dengan nilai 4,83 miliar dollar AS (sekitar Rp 63 triliun). Verizon juga telah mengakuisisi perusahaan internet, AOL.

Verizon atau Verizon Communications adalah perusahaan broadband dan telekomunikasi Amerika yang menyediakan layanan komunikasi nirkabel terbesar di Amerika Serikat yang berbasis di Avenue of the Americas (Sixth Avenue) di Midtown Manhattan, New York.

Verizon semula bernama Bell Atlantic, sebuah anak perusahaan dari Bell Operating Company yang didirikan pada tahun 1984. Pada tahun 2000 setelah bergabung dengan perusahaan GTE, Bell Atlantic berubah nama menjadi "Verizon".

Nama diambil dari kalimat latin "a portmanteau of veritas" yang berarti "kebenaran" dan "horizon" yang berarti "cakrawala".

Harga Yahoo dari tahun ke tahun mengalami kenaikan dan penurunan, untuk lebih lengkapnya silahkan lihat data sebagai berikut:

Tahun 2000, nilai Yahoo sekitar 1300 Triliun.
Tahun 2002, Yahoo ditawari membeli Google di tahun 2002 dengan harga 13 Triliun.  (sekarang nilai Google adalah 8000 Triliun)
Tahun 2010, Yahoo ditawar Microsoft 650 Triliun.

Tahun 2016 ini, Yahoo memiliki 1 miliar pengguna, termasuk 600 juta dari platform mobile.


Kita mengenal Yahoo pada awalnya adalah sebagai search engine atau mesin pencari web.

Search engine atau mesin pencari web atau web search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, news group dalam sejumlah komputer jaringan sebagai jasa di bidang internet.

Yahoo atau Yahoo! Inc. adalah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat yang populer sebagai sebuah portal web.

Awalnya Yahoo hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford (David Filo dan Jerry Yang ) mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.

David Filo dan Jerry Yang mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek.

Kemudian mereka memasukannya di web dengan membuat sebuah program database untuk menanganinya, yang dapat memberikan hasil secara online.

Search engine atau mesin pencari yang lain selain Yahoo adalah Alltheweb, MSN, AskJeeves, Google, AltaVista, dan Lycos.


Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Verizon_Communications
http://www.muhsinlabib.com/it-komputer/nasib-tragis-yahoo
http://viperquest.blogspot.co.id/2013/01/pengertian-search-engine.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_pencari_web
https://id.wikipedia.org/wiki/Yahoo!
http://ict-informatika.blogspot.co.id/2012/05/pengertian-yahoo.html
http://valdiearsanur.blogspot.co.id/2015/10/verizon-communications-atau-dikenal.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Verizon_Wireless
http://tekno.kompas.com/read/2016/07/26/06305297/yahoo.resmi.terjual.rp.63.triliun.?utm_source=RD&utm_medium=box&utm_campaign=Kaitrd
http://www.zc-secret.com/2012/10/macam-macam-search-engine-yang-ada.html