Sunday, July 10, 2016

Aplikasi Peta

Warga Surabaya Raya akan mengetahui konsep Waze adalah mirip dengan konsep dari radio Suara Surabaya. Yaitu tentang berkontribusi pada 'tujuan bersama' di jalan. Sehingga dengan menghubungkan pengemudi satu dengan pengemudi yang lain, kita membantu masyarakat menciptakan komunitas pengemudi lokal yang bekerjasama meningkatkan kualitas perjalanan setiap orang sehari-hari.

Pengguna atau pengemudi yang menggunakan aplikasi Waze dapat berkontribusi dengan pasif atau secara aktif berbagi laporan jalan seperti kecelakaan, jebakan polisi atau kejadian berbahaya lainnya selama perjalanan.

Aplikasi peta ber-GPS selain Waze adalah Google Map. Kedua aplikasi tersebut sangat membantu saat perjalanan mudik kemarin. Terutama saat perjalanan mudik dan saat perjalanan menuju tempat wisata yang sangat dipenuhi kepadatan dan kemacetan.

Terlebih kemarin saat akan menuju tempat candi Borobudur, dimana pengalaman tahun 2014 lalu, kita terjebak kemacetan hingga perjalanan 2 jam lebih baru sampai di candi Borobudur.

Agar tidak mengulang pengalaman serupa, akhirnya wisata kali ini kita menggunakan aplikasi peta ber-GPS, yaitu aplikasi Google Map di smartphone istriku dan aplikasi Waze di smartphone-ku.

Apa itu Google Map dan apa itu Waze?


Rute 1 ke Borobudur

Rute 2 ke Borobudur
 
Rute 3 ke Borobudur

Google Map

Google Maps adalah aplikasi Google yang memberikan layanan pemetaan dari citra satelit, peta jalan, Street View, Google Traffic untuk rencana rute bepergian dengan berjalan kaki, mobil, atau angkutan umum. Selain itu layanan Google Map juga dapat digeser sesuai keinginan pengguna, mengubah tingkat zoom, serta mengubah tampilan peta.

Google Maps berawal dari program desktop C ++ yang dikembangkan oleh Lars dan Jens Rasmussen. Lalu pada bulan Oktober 2004, perusahaan ini diakuisisi oleh Google. Google Maps kemudian diluncurkan pada Februari 2005.

Sebagian tampilan Google Maps adalah resolusi tinggi dari foto udara yang diambil dari pesawat yang terbang pada 240–460 m, dan sebagian lagi merupakan citra dari satelit, dengan diperbarui secara berkala.

Pada bulan September 2008 Google Maps dirilis untuk aplikasi di selulerPada bulan Agustus 2013 menjadi aplikasi yang paling populer di dunia.


Waze

Waze Ltd. pada tahun 2008 di Israel oleh Uri Levine oleh perusahaan Linqmap dan oleh ahli perangkat lunak Ehud Shabtai, dan Amir Shinar. Pada tahun 2010, perusahaan ini memiliki modal hingga USD 25 juta untuk pengembangan.

Pada bulan Desember 2011, perusahaan ini mempekerjakan 80 orang pegawai, dimana 70 orang berlokasi di Ra'anana, Israel dan 10 orang berlokasi di Palo Alto California, Amerika Serikat.

Pada tahun 2011, mereka merencanakan untuk meningkatkan pendapatannya melalui layanan iklan berdasarkan lokasi dan berencana untuk melakukan ekspansi ke Asia, dengan suntikan modal sebesar USD 30 juta.

Pada tanggal 23 Mei 2013, Google melakukan negoisasi untuk membeli Waze dan akhirnya pada bulan Juni 2013, Google membeli Waze seharga USD 1.1 miliar.


Waze adalah piranti lunak navigasi untuk smartphone yang dapat diunduh secara gratis. Keunggulan Waze adalah selain memberikan informasi peta layaknya google map, Waze juga memberikan informasi berdasarkan masukan komunitas pemakainya.

Informasi di Waze yang dishare misalnya mengenai kecelakaan, kemacetan jalan, polisi, bahaya berdasarkan kondisi nyata yang dilaporkan para penggunanya. Aplikasi Waze juga mempunyai fasilitas chat, memberikan poin untuk setiap kegiatan yang dilakukan seperti menjelajah, memutakhirkan peta.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Maps
http://lsi.si.fti.unand.ac.id/mengenal-google-maps/
https://www.waze.com/id/about
https://id.wikipedia.org/wiki/Waze