Monday, July 11, 2016

Jalan-Jalan ke Candi Prambanan

Hari Senin
Tanggal 11 Juli 2016
Km 995
Pukul 10.00

Setelah mandi, sarapan dan berkemas-kemas, kita sempatkan dulu ke toko depan Hotel Pop Jogja untuk membeli kaos dan batik khas kota Yogyakarta untuk oleh-oleh. Karena memang batik Jogja mempunyai motif dan corak yang berbeda dengan batik Solo dan batik Pekalongan.

Kemudian kita lanjutkan kembali perjalanan menuju Prambanan. Kebetulan arah perjalanan menuju Prambanan dengan arah ke kota Surabaya adalah sama, sehingga sengaja kita sempatkan jalan-jalan ke Prambanan sebagai perjalanan terakhir.






Km 1005
Pukul 10.30

Jarak dari Hotel Pop Jogja ke candi Prambanan sangatlah dekat, hanya memakan waktu 30 menit perjalanan sudah sampai di lokasi tujuan. Lokasi candi Prambanan berada di kecamatan Prambanan, Klaten, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.


Candi Prambanan atau juga dikenal sebagai Candi Loro Jonggrang merupakan candi Hindu yang dibangun pada abad ke-9 masehi yang diperuntukkan sebagai persembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah.

Di candi Prambanan ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang menujukkan bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan.


Seperti halnya candi Borobudur, candi Prambanan juga termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, sehingga candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.