Wednesday, July 27, 2016

Jason Bourne

Jason 5

Jason Bourne yang tayang perdana Rabu malam, tanggal 27 Juli 2016 ini merupakan film serie Bourne merupakan sebuah film aksi thriller spionese yang diadaptasi dari trilogi novel karya Robert Ludlum.

Film serie Bourne berciri khas irama yang cerdas, banyak berlari dan berkelahi, minim peralatan canggih, dan disertai potongan adegan-adegan cepat tetap terjaga baik. Atau yang disebut dengan gaya shaky camera.

Seri film Bourne adalah The Bourne Identity (2002), The Bourne Supremacy (2004), The Bourne Ultimatum (2007) dan The Bourne Legacy (2012).


Jason Bourne (2016)
Film Jason Bourne sejatinya akan rilis pada tanggal 29 Juli 2016. Film action "Jason Bourne" bercerita tentang kisah seorang mantan agen rahasia yang bernama David Webb atau Jason Bourne yang menjadi buruan CIA.

Ingatan Jason Bourne berangsur-angsur kembali pulih sehingga ia dapat mengingat memori yang telah terjadi padanya. Diawal film nampak beberapa memori ditampilkan yaitu dari film sebelumnya yaitu film The Bourne Identity (2002), The Bourne Supremacy (2004) ataupun The Bourne Ultimatum (2007).

Jason Bourne, perlahan mulai ingat dengan apa yang terjadi dengan dirinya beberapa tahun yang lalu. Bersama Nicky Parsons, Bourne kembali muncul untuk menggali lebih dalam mengenai masa lalunya.

Petualangan Bourne dan Parsons kembali akan membawa mereka berhadapan dengan para agen rahasia lainnya, hingga harus berseteru dengan direktur CIA, yaitu Robert Dewey. Termasuk seorang Aset yang memburunya mulai dari Beirut saat dia muda, ke Yunani saat awal adegan, hingga ke Nevada saat film akan berakhir sehingga mempersulit usaha Bourne untuk mencari tahu siapa dirinya.

Tidak seperti film keempat dimana film berjudul Jason Bourne tapi tanpa kehadiran karakter Jason Bourne, film kelima dari kisah Jason Bourne ini menandakan kembalinya Matt Damon sebagai agen intelijen.

Matt Damon menegaskan bahwa Jason Bourne adalah sebuah penyelesaian dan kesimpulan dari petualangan Bourne di tiga film pertama. Sebuah kesimpulan dari petualangan Bourne dalam mencari identitas, meskipun kami tidak menyatakan langsung.

Untuk menonton film Jason Bourne ini memang kita perlu napak tilas untuk melihat kembali film sebelumnya, yaitu The Bourne Identity (2002), The Bourne Supremacy (2004), The Bourne Ultimatum (2007). Sedangkan untuk The Bourne Legacy (2012), tidak apa-apa.



Jason 1
The Bourne Identity (2002)
Seorang nelayan Giancarlo yang bekerja di lepas pantai Marseilles, Perancis menemukan seorang pria yang tak sadarkan diri terapung di Laut Mediterania dengan dua luka tembak di punggungnya. Ketika sadar, pria itu menderita amnesia, dengan memiliki satu petunjuk identitasnya, yaitu nomer rekening deposit box yang ada di sebuah proyektor laser kecil yang ditanamkan pada pinggulnya.

Pria tersebut kemudian melakukan perjalanan ke Zürich, Swiss untuk pergi ke bank untuk melihat deposit box yang ternyata berisi uang dalam jumlah besar, sebuah pistol, dan 6 buah paspor dengan nama alias berbeda-beda. Identitasnya paspor paling atas, "Jason Bourne".

Bourne melarikan diri ke kedutaan besar Amerika, di mana dia didatangi oleh para pejabat di sana, namun dia berhasil menghindar dari penangkapannya. Di sebuah blok tak jauh dari tempat tersebut, Bourne mendekati seorang wanita, Marie Kreutz, dan menawarinya 20 ribu dolar untuk membawanya ke alamat yang ada di paspor "Bourne" di Paris.

Pimpinan dari Operasi Treadstone, Alexander Conklin, mengungkapkan kepada atasannya deputi direktur CIA, Ward Abbott, bahwa Bourne adalah seorang koneksi operasinya yang bertanggung jawab atas upaya pembunuhan yang gagal terhadap seorang diktator Afrika, Wombosi.

Bermaksud untuk memutuskan semua hubungan antara CIA dan Wombosi, Conklin mengirimkan tiga orang "aset" (pembunuh) terlatih untuk membunuh Bourne. Bourne dan Marie tiba di apartemen di Paris, di mana ia menemukan bahwa salah satu alias-nya, "John Michael Kane," telah meninggal dua minggu sebelumnya. "aset" pertama yang menggunakan kode-nama Castel, berusaha menyergap mereka berdua.

Conklin kemudian menugasi Nicky Parsons, seorang wanita teknisi logistik di markas persembunyian Treadstone di Paris, untuk membantunya melacak Bourne dan Marie. 

"Aset" kedua yang menggunakan kode-nama The Professor, membunuh Wombosi. Bourne dan Marie kemudian mengungsi ke rumah kakak tiri Marie, Eamon. Keesokan paginya, the Professor mencoba untuk menembak Bourne dari jauh, namun Bourne berhasil membunuhnya.

Menggunakan ponsel the Professor, Bourne mengatur pertemuan dengan Conklin. Bourne mengikuti Conklin yang kembali ke markas persembunyiannya di Paris, di mana Conklin mengatakan kepadanya bahwa Bourne adalah koneksi operasi yang direncanakan untuk membunuh Wombosi. 

Pengungkapan itu memicu ingatan Bourne dan melalui kilas balik, dia ingat bahwa dirinya dengan menggunakan kode-nama Kane, menyusup ke rombongan Wombosi, namun tak dapat memaksa dirinya untuk membunuhnya karena kehadiran anak-anak Wambosi.

Ketika ia membatalkan misi dan mencoba untuk melarikan diri, dia ditembak dua kali di punggungnya dan jatuh ke laut dari kapal Wombosi ke Laut Mediterania.

Conklin dibunuh oleh "aset" ketiga yang menggunakan kode-nama Manheim atas perintah dari Abbott. Beberapa waktu kemudian, Abbott menjelaskan kepada Komite Pengawas CIA kalau ia telah menutup proyek Treadstone karena rasio biaya dan keuntungannya terlalu tinggi, dan mengusulkan sebuah program barunya, "Operasi Blackbriar."

Bebas dari kehidupan lamanya, Bourne bertemu kembali dengan Marie di Mykonos, Yunani, tempat Marie bekerja menyewakan skuter untuk wisatawan.


Jason 2
The Bourne Supremacy (2004) 
Jason Bourne dan Marie Kreutz telah tinggal di Goa, India dengan penyamarannya selama dua tahun terakhir, di mana Bourne berjuang untuk mengingat secara spesifik misi pertamanya sebagai agen operasi hitam.

Deputi Direktur CIA Pamela Landy, menjalankan "Operasi Pembelian", sebuah operasi yang menghabiskan dana 3 juta dolar untuk membeli bukti terhadap seorang informan untuk mengetahui tersangka yang telah mencuri dana CIA sebesar 20 juta dolar tujuh tahun sebelumnya.

Sebelum operasi yang dijalankan Landy dapat menyelesaikan transaksi, seorang agen Lembaga Keamanan Federasi Rusia, Kirill, telah menyusup bangunan tempat transaksi berlangsung untuk menanamkan sidik jari Bourne, dan membunuh operatif Landy beserta informan tersebut.

Setelah itu, Kirill melaporkan ke atasannya, Yuri Gretkov, seorang raja minyak dari Rusia yang kemudian mengirimnya menuju Goa untuk menyelesaikan pekerjaannya untuk membunuh Bourne.

Di Goa, Bourne yang mengetahui kedatangan Kirill, melarikan diri bersama Marie dalam sebuah jip. Kirill pun mengejar mereka dan menembak kendaraannya yang membuat Marie terbunuh, dan menyebabkan jip yang berjalan di jembatan jatuh ke dalam sungai. Kirill segera pergi dan percaya Bourne sudah mati. Bourne kemudian berangkat ke Naples, Italia untuk membalas dendam.

Landy akhirnya menemukan sidik jari Bourne yang ditanam Kirill, dan membuatnya diberikan izin oleh atasannya, Direktur Operasi Martin Marshall, untuk mengakses penuh arsip CIA guna menyelidiki "Operasi Treadstone", sebuah operasi pasukan elit pembunuh rahasia CIA di mana Bourne terdaftar.

Dia kemudian tersandung pada bukti yang melibatkan Conklin, mantan pimpinan terakhir operasi tersebut. Landy mempertanyakan kepada atasan Conklin, Deputi Direktur Ward Abbott, namun ia mengaku hanya mengetahui rinciannya secara tidak jelas.

Landy kemudian melaporkan hal ini pada Marshall, yang mengatakan bahwa beberapa tahun yang lalu, politisi dari Rusia, Vladimir Neski, memperoleh bukti identitas pencuri yang mencuri dana CIA sebesar 20 juta dolar, dan ketika Neski mengancam akan memberikan informasi tersebut kepada masyarakat, ia tewas bersama istrinya yang tampak seperti pembunuhan- bunuh diri di sebuah kamar hotelnya di Berlin.

Landy menyangka Bourne dan Conklin yang bertanggung jawab atas kasus tersebut. Pertemuan kemudian terganggu oleh laporan bahwa Bourne baru saja ditahan di Naples. Marshall segera memberikan perintah kepada Abbott dan Landy untuk pergi ke Naples untuk menangkap Bourne.

Sementara itu di Naples, Bourne diintrogasi oleh petugas lapangan Konsulat AS, John Nevins, yang mempertanyakan kepada siapa Bourne bekerja. Bourne segera menyalin kartu SIM ponsel milik Nevins setelah belajar dari kecurigaan Landy terhadap dirinya ketika ia sengaja menguping Nevins saat menerima telepon dari seorang petugas operatif Landy, Tom Cronin.

Bourne kemudian melakukan perjalanan ke Munich untuk menginterogasi seorang mantan anggota Operasi Treadstone lainnya yang masih hidup bernama Jarda, yang memberitahu Bourne bahwa program telah ditutup setelah kematian Conklin. Jarda memberitahu CIA akan kehadiran Bourne dan segera menyerangnya.

Setelah pertarungan singkat, Bourne dapat membunuh Jarda, kemudian meledakkan rumahnya untuk menghindari penangkapan tim CIA yang datang. Di Amsterdam, Landy dan Abbott bertanya kepada wanita mantan teknisi logistik Operasi Treadstone, Nicky Parsons, dan membawanya bersama mereka ke Berlin.

Percaya Landy yang memberi perintah saat pengejarannya di Goa, Bourne menelepon dan mengatur untuk bertemu Nicky di stasiun Alexanderplatz. Setelah Bourne menculiknya, Nicky mengatakan kepadanya bahwa Abbott adalah dalang sebenarnya dari Operasi Treadstone, bukan Conklin.

Selanjutnya, Bourne mengunjungi tempat misi pertamanya dulu, di Hotel Brecker di Berlin, dan ingat bahwa dia telah membunuh Neski dan istrinya atas perintah Conklin dan membuatnya sebagai penembakan bunuh diri. Abbott segera membunuh asistennya, Danny Zorn, ketika Zorn memberitahu kecurigaannya akan sebuah konspirasi untuk menjebak Bourne.

Bourne menerobos masuk ke dalam kamar hotel Abbott dan merekam percakapan antara Abbott dan Gretkov di mana mereka mendiskusikan peran mereka dalam pencurian uang 20 juta. Memegang Abbott di bawah todongan senjata, Bourne diam- diam merekam saat dia mengaku yang telah mengirim pembunuh ke Goa, dan tentang pembunuhan Neski serta pembunuhan para agen dalam Operasi Pembelian Landy untuk menutupi pencurian.

Bourne tidak membunuh Abbott hanya karena mendiang Marie tidak menginginkan hal itu. Setelah Bourne pergi, Landy muncul, hanya untuk menyaksikan Abbott melakukan bunuh diri. Bourne kemudian mengirim rekaman pengakuan Abbott tersebut kepada Landy.

Bourne kemudian melakukan perjalanan ke Moskow untuk menemukan putri Neski, Irena. Mengetahui Bourne masih hidup, Kirill segera melacaknya dan menembaknya di bahu. Kirill, Bourne dan para polisi segera terlibat dalam pengejaran mobil berkecepatan tinggi yang berakhir saat Kirill mengalami luka parah setelah menghancurkan kendaraan Bourne. Bourne akhirnya menemukan Irena dan mengaku perannya pada kematian orangtuanya, dan juga meminta maaf.

Kembali di New York, Landy yang menerima telepon dari Bourne, mengucapkan rasa terimakasihnya untuk rekaman pengakuan Abbott, karena dengan bukti tersebut ia dapat menangkap Gretkov. Landy juga mengatakan kepada Bourne bahwa nama asli Bourne adalah "David Webb", yang lahir pada 4/15/71.


Jason 3
The Bourne Ultimatum (2007) 
Mantan pembunuh dari operasi rahasia di CIA, Jason Bourne menghindar dari seorang polisi Moskow dan pergi bersembunyi setelah bahunya ditembak oleh agen Lembaga Keamanan Federasi Rusia, Kirill.

Enam minggu kemudian, seorang Koresponden Keamanan Negara dari surat kabar 'Guardian', Simon Ross, akan bertemu dengan narasumbernya untuk membahas tentang Bourne dan Operasi Treadstone. CIA mulai melacak Ross ketika ia menyebutkan "Operasi Blackbriar" saat menelepon editornya. Bourne kemudian melakukan perjalanan ke Paris untuk memberitahu Martin (Daniel Brühl), tentang kematian adiknya yang juga mantan kekasih Bourne, Marie, dan meyakinkan Martin kalau dia akan memburu pembunuhnya.

Di London, Bourne bertemu dengan Ross di Stasiun Waterloo setelah belajar dari penyelidikannya tentang Operasi Treadstone. Ketika Bourne mengetahui kalau CIA sedang melacak Ross, ia membantunya untuk menghindar dari penangkapannya, namun Ross menyimpang dari instruksi Bourne dan segera dibunuh oleh "aset" (pembunuh) bernama Paz, atas perintah dari pimpinan Operasi Blackbriar, Noah Vosen.

Direktur CIA, Ezra Kramer, mengirim Pamela Landy (Joan Allen), seorang Deputi Direktur CIA yang berhasil memburu Bourne enam minggu sebelumnya, untuk membantu Vosen setelah dia melihat Bourne pada kamera CCTV.

Setelah mencari catatan Ross, mereka menyimpulkan bahwa narasumbernya adalah Neal Daniels, kepala cabang CIA di Madrid, yang sebelumnya terlibat dalam Operasi Treadstone dan secara aktif terlibat dalam Operasi Blackbriar.

Bourne, setelah mengambil buku catatan dalam tas Ross setelah terbunuh, mengetahui catatan itu ditujukan untuk Daniels yang ada di kantornya di Madrid, Bourne segera menuju kesana dan menemukan kantor tersebut kosong. Nicky Parsons, seorang mantan teknisi logistik Treadstone, tiba tak lama setelah Bourne melumpuhkan dua agen dari tim lapangan CIA yang dikirim oleh Vosen dan Landy untuk menangkapnya.

Nicky akhirnya membantu Bourne untuk kabur dari pasujan CIA lain yang masuk dan memberitahu bahwa Daniels telah melarikan diri ke Tangier, Maroko. Hal ini tersirat bahwa Nicky dan Bourne memiliki hubungan yang dalam dan mungkin romantis sebelum Bourne mengalami amnesia.

Setelah tiba di Tangier, Nicky mencoba hack ke database CIA untuk mencari Daniels, namun sistem penghalang memblokir lokasinya, dan dia menemukan bahwa "aset" Blackbriar bernama Desh Bouksani, telah ditugaskan untuk membunuh Daniels.

Vosen yang belajar dari upaya Nicky menyusup ke komputer untuk memberi instruksi terhadap Desh, dia segera memberi perintah kepada Desh untuk membunuhnya juga beserta Bourne, namun Landy tidak setuju dengan keputusan tersebut.

Vosen kemudian menelepon Kramer, di mana Kramer menegaskan niatnya menyertakan Landy adalah untuk mengkambing- hitamkan Landy jika Operasi Blackbriar gagal. Bourne segera membuntuti Desh untuk mencegahnya membunuh Daniels, namun dia gagal.

Bagaimanapun juga, Bourne berhasil menyelamatkan Nicky dari agen pembunuh tersebut dengan mencekik Desh hingga mati setelah pertarungan mereka. Bourne kemudian menyuruh Nicky pergi untuk bersembunyi. Setelah memeriksa isi tas Daniels yang sudah hangus, Bourne menemukan alamat Divisi Penyamaran Rahasia Biro Anti-Terorisme CIA di New York, tempat di mana Vosen mengarahkan Operasi Blackbriar.

Bourne segera kembali ke New York; Landy yang menerima telepon dari Bourne, yang ternyata disadap oleh Vosen, mengucapkan rasa terimakasihnya karena telah mengirim rekaman yang mengungkapkan transaksi mantan direktur korup dari Operasi Treadstone, Ward Abbott, dan Landy juga mengatakan kepada Bourne bahwa nama asli Bourne adalah "David Webb", yang lahir pada 4/15/71.

Saat berbicara dengan Landy, Bourne mengetahui Vosen telah menyimpan dokumen rahasia di brangkas kantornya. Bourne mengatakan kepada Landy untuk "beristirahat" karena dia "terlihat lelah", di mana dia mengerti bahwa Bourne dan Vosen mengamatinya saat itu.

Vosen menyadap pesan teks yang dikirim Bourne ke Landy yang memberitahu lokasi untuk bertemu, dan Vosen meninggalkan kantornya bersama timnya untuk mengikutinya. Disaat itulah, Bourne menerobos masuk ke dalam kantor Vosen dan mencuri dokumen rahasia dari Blackbriar.

Mengetahui hal itu, Vosen segera mengirim Paz untuk mengejarnya, sehingga terjadi aksi kejar-kejaran mobil yang berakhir dengan Paz menabrak pembatas beton di jalan. Bourne keluar dan memegang Paz di bawah todongan senjata, namun Bourne menghemat nyawanya.

Bourne melanjutkan perjalanannya ke 415 East 71th Street (mengacu pada "4/15/71"), kode tempat yang diberikan oleh Landy. Vosen juga mengerti bahwa Bourne telah diberi Landy alamat pelatihannya, tempat yang memodifikasi perilakunya di program Treadstone oleh Dr. Albert Hirsch, dan Vosen mengetahui bahwa Bourne dalam perjalanan kesana.

Landy memenuhi Bourne di luar gedung, di mana Landy mengatakan bahwa dirinya membantu Bourne karena dia bekerja di CIA bukan untuk program seperti Treadstone dan Blackbriar. Bourne kemudian memberikan dokumen rahasia Blackbriar kepada Landy.

Landy masuk ke dalam gedung dan mengirim dokumen tersebut melalui faks kepada Senat untuk menjadikan dirinya sebagai saksi sekunder, hingga Vosen tiba tepat saat dia mengirim halaman terakhir. Bourne akhirnya bertemu dengan Hirsch, dan dengan bantuan Hirsch, dia akhirnya mengingat kembali bahwa ia tidak dipaksa masuk ke dalam program, tetapi sebenarnya secara sukarela.

Dia kemudian menyatakan untuk tidak lagi menjadi "Jason Bourne" dan segera melarikan diri dari tim Vosen yang mengejarnya di atap. Di sana, Paz berhadapan dengan Bourne dan bertanya mengapa Bourne tidak membunuhnya ketika dia memiliki kesempatan.

Bourne malah memberi pertanyaan kepada Paz tentang motif dari semua ini, di mana Bourne mengulangi kata- kata dari "The Professor", agen pembunuh dari Treadstone yang ia bunuh sebelumnya : "lihat bagaimana mereka menjadikanmu seperti ini". Paz akhirnya menurunkan pistolnya sementara Bourne berjalan untuk melompat dari atap, namun Vosen muncul dan menembak Bourne saat ia terjun ke Sungai East yang terdapat dibawah gedung.

Beberapa waktu kemudian, Landy ditampilkan dengan kesaksiannya di hadapan para Senat mengenai Blackbriar. Di tempat lain, Nicky menonton siaran berita televisi tentang pemaparan dari Operasi Blackbriar, penangkapan Hirsch dan Vosen, penyelidikan terhadap Kramer yang telah mengesahkan operasi ilegal, dan tentang penembakan Bourne yang jatuh ke Sungai East.

Setelah mendengar bahwa mayat Bourne belum ditemukan setelah pencariannya selama tiga hari, Nicky tersenyum; Bourne lalu ditampilkan berenang menjauh dari bawah air setelah kejatuhannya.


Jason 4
The Bourne Legacy (2012) 
Seri film Bourne ini tayang tanpa kehadiran karakter Jason Bourne. Aktor Jeremy Renner memerankan sebagai Aaron Cross, yaitu karakter baru yang punya level sama dengan Jason Bourne.

Seseorang terapung di perairan Alaska yaitu agen rahasia Outcome yang dalam masa pelatihannya bernama Aaron Cross. Selama masa pelatihannya dia diharuskan mengkonsumsi pil hijau dan pil biru secara berkala.

Seorang reporter sekaligus seorang penulis ‘The Guardian’ bernama Simon Ross ditembak mati dari kejauhan oleh seseorang tak dikenal.

Eric Byer, pimpinan C.I.A, yang mengetahui kabar penembakan Ross ini berkaitan erat dengan Bourne, karena sebelum penembakan terjadi Ross ingin memberi informasi kepada Bourne perihal siapa dalang sebenarnya yang ingin menginginkan Bourne terbunuh.

Dan, sebelum semuanya akan terungkap di pelbagai media, Byer menutup semua program operasi rahasia mereka baik itu Threadstone, Blackbriar, dan Outcome termasuk “membereskan” semua agen dan staf pendukung yang masih tersisa dilapangan.

Dr. Martha Shearing, seorang ilmuwan yang bekerja dalam laboratorium Maryland, dimana semua obat pil hijau dan biru yang diminum oleh semua agen rahasia Outcome berasal dari temuan lab ini.

Kemudian adegan balik lagi ke Aaron Cross, karena dirinya kehabisan pil hijau ia pun turun gunung dan bertemu dengan salah satu anggota Outcome. Tetapi, sebelum si kawan ini memberi bantuan  kepada Cross untuk mencari pil hijau, tenyata kedua agen rahasia lapangan ini telah menjadi target ‘pembersihan’ Eric Byer.

Sayang, si kawan tadi meninggal dunia. Mengetahui akan hal ini Cross yang berhasil lolos dari operasi ‘pembersihan’ segera mencari tahu hal apa yang sedang terjadi. Ditempat lain, dilaboratorium Maryland telah terjadi insiden penembakan.

Salah satu teman kerja Dr. Martha yang bernama Dr. Foite tiba-tiba mengalami gangguan kejiwaan, semua teman kerjanya ditembak mati ditempat kejadian. Belum reda trauma yang dialami Dr. Martha, tiba-tiba dua orang kenalannya dari suatu departemen berniat membunuh dirinya dengan merencakan seakan-akan penembakan bunuh diri.

Untuk kedua kalinya, Dr. Martha yang juga termasuk target’pembersihan’ lolos dari maut setelah diselamatkan oleh Aaron Cross, dikarenakan saat kejadian Cross datang kerumah Dr. Martha berniat meminta pil hijau. Dari informasi Dr Martha bahwa telah ada semacam obat yang bisa memutuskan ketergantungan para peserta program Outcome akan pil hijau dan biru, dan tempat dimana obat itu berada di Manila, Filipina.

Film ini kemudian berkisah di seputar kejar-kejaran antara tim Eric Byer- yang berusaha memusnahkan semua agen lapangan-dengan Aaron Cross bersama Dr. Martha yang mana mereka berdua berpacu waktu dalam perjalanan mencari obat penangkalnya.


Sumber :
http://www.pusatsinopsis.com/2016/03/sinopsis-film-jason-bourne-2016.html
https://beritagar.id/artikel/seni-hiburan/matt-damon-menegaskan-film-jason-bourne-adalah-sebuah-kesimpulan
http://movie-franchises.blogspot.co.id/2012/02/bourne-identity-2002.html
http://movie-franchises.blogspot.co.id/2012/02/bourne-supremacy-2004.html
http://movie-franchises.blogspot.co.id/2012/02/bourne-ultimatum-2007.html
http://movie-franchises.blogspot.co.id/2012/02/bourne-legacy-2012.html
http://movie-latte.blogspot.co.id/2012/09/the-bourne-legacy.html