Sunday, July 10, 2016

Jalan-Jalan ke Candi Borobudur

Hari Minggu
10 Juni 2016

Rasanya tidak lengkap jika pergi ke kota Yogyakarta tapi tidak berkunjung ke candi Borobudur. Meski secara wilayah sebenarnya candi Borobudur terletak di kota Magelang, Jawa Tengah. Dari kota Yogyakarta berjarak sekitar 40 km, yang akan ditempuh selama 1 hingga 2 jam tergantung kondisi traffic.

Pengalaman 2 tahun lalu, tahun 2014, saat kita berkunjung ke candi Borobudur, bahwa menuju ke candi Borobudur dipenuhi akan kemacetan, karena bertepatan dengan arus balik ke arah Jakarta. Kali ini pun waktunya juga bertepatan dengan arus balik ke Jakarta.

Untuk itu tahun ini, tahun 2016, kita putuskan untuk bertamasya ke candi Borobudur dengan menggunakan jalur alternatif dengan tujuan menghindari kemacetan. Untuk mendukung rute tersebut kita menggunakan aplikasi google-map dan waze.

Dan sekitar 1.5 jam akhirnya kita sampai di candi Borobudur menggunakan rute alternatif tersebut.


Candi Borobudur adalah candi Buddha berbentuk stupa yang didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra, yang juga merupakan candi atau kuil Buddha terbesar di dunia,

Candi Borobudur ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia dan menjadi salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO yang terkenal ke seluruh dunia bangunan, serta menjadi perhatian dunia sejak HC cornelius menemukan lokasinya atas perintah Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814.