Sunday, October 29, 2017

Api

Beberapa hari terakhir ramai diperbincangkan mengenai ledakan dan kebakaran dari pabrik petasan. Petasan yang kecil saja cukup berbahaya, apalagi petasan yang besar atau bahkan petasan dalam ukuran besar skala gudang atau pabrik.

Dan beberapa waktu sebelumnya, dari grup Whatsapp keluarga ada pembicaraan mengenai pro dan kontra ledakan dan kebakaran di Pom Bensin yang disebabkan oleh HP. Satu kubu mengatakan artikel dalam bentuk tulisan tersebut adalah hoax.

Dan satu kubu lainnya menyatakan benar adanya. Sambil ditambah artikel pendukung berupa foto dan video yang menggambarkan mobil yang meledak saat pengisian bensin berlangsung terdapat aktivitas salah satu penumpang mobil yang sedang menggunakan HP.


Api tercipta dari proses kimia, yakni proses oksidasi cepat yang menghasilkan panas dan cahaya.

Dalam dunia K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) kebakaran terjadi setidaknya ada 3 unsur. Yaitu oksigen, panas dan bahan bakar. Ketiga unsur tersebut dikenal dengan segitiga api. Atau dengan kata lain api dapat tercipta apabila terjadi persenyawaan (bergabungnya) tiga unsur tersebut.

Apa saja ketiga unsur tersebut?

Pertama, unsur material yang mudah terbakar, seperti kertas, kayu, kain, dan gas.
Kedua, udara sebagai zat pengoksidasi, misalnya oksigen, hidrogen, dan klorin.
Ketiga, unsur panas sebagai pemicu timbulnya api. Panas dapat timbul akibat terjadinya gesekan, hubungan arus pendek listrik, reaksi kimia, dan lain-lain.

Selain 3 unsur tersebut, perlu diketahui pula mengenai cara penyebaran api atau panas. Hal ini mengingatkan kita akan pelajaran IPA saat duduk di bangku sekolah, pengetahuan mengenai perpindahan panas. Yaitu perpindahan panas atau api dapat tersebar melalui empat cara, yakni Konveksi, Radiasi, Konduksi, dan penyalaan langsung.


Konveksi : pemindahan panas berdasarkan gerakan fluida, dalam hal ini fluidanya adalah udara di dalam ruangan.

Konduksi : pemindahan panas yang dihasilkan dari kontak langsung antara permukaan-permukaan benda.

Radiasi : pemindahan panas atas dasar gelombang-gelombang elektromagnetik.


Sumber :
https://beritagar.id/artikel-amp/infografik/mengenal-teori-segitiga-api-dan-cara-pencegahannya
http://mengerjakantugas.blogspot.co.id/2010/11/teori-perpindahan-panas-konduksi.html
http://www.autovarian.com/2015/03/macam-macam-perpindahan-panas.html
http://saberindo.co.id/2017/08/03/teori-segitiga-api/