Wednesday, October 25, 2017

Thor: Ragnarok

Dalam salah satu trailer film Thor: Ragnarok, diceritakan Thor harus mengalahkan Hulk dalam sebuah pertarungan gladiator untuk bisa menyelamatkan Asgard dari Hela dan datangnya Ragnarök. Cerita Thor dengan didalamnya terdapat tokoh Hulk, mirip dengan alur cerita komik tahun 2006, "Planet Hulk" yang diadaptasi untuk film Ragnarok.

Film Thor: Ragnarok akan paling banyak berpengaruh dalam Phase 3. Dalam mitologi Norse ataupun komik Marvel, Ragnarok adalah sebuah event ‘kiamat’ ala Norse, dimana nantinya sebuah perang yang sudah ditakdirkan dan menjadi akhir para dewa Norse dimana Odin, Loki, Sif, the Warriors Three, Heimdall, dan juga Thor mati meninggalkan Marvel Cinematic Universe.

Karakter ‘Ragnarok’ dan event ‘Ragnarok’ adalah dua hal yang berbeda. Ragnarok yang bermakna ‘kiamat’ dalam mitos Skandinavia.


Dalam film Thor yang kedua, yaitu Thor: The Dark World, diceritakan di akhir film Loki menyamar sebagai Odin, sedangkan Thor meninggalkan takhta Asgard. Untuk menaklukkan Surtur. Karena dalam ramalan Ragnarok, Surtur lah yang akan menjadi penghancur negeri Asgard. Dan Surtur tidak akan mati sebelum ramalan Ragnarok terjadi.

Saat Thor dapat menaklukkan Surtur dan kembali ke Asgard untuk menyimpan tanduk Surtur sebagai pusat kekuatan dari Surtur. Saat itu Thor menguak penyamaran Loki. Thor pun menyeret Loki turun ke bumi untuk mencari sang ayah.

Berkat bantuan Doctor Strange Thor pun menemukan Odin. Odin sedang berada di Norwegia. Namun saat Odin diketemukan, ternyata Odin kembali meninggalkan Thor dan Loki. Sebelum pergi, Odin sempat berpesan bahwa tanah ini lah di Norwegia ini tempat untuk kembali. Saat itulah Hela, sang Dewi Kematian muncul. Sekaligus diketahui bahwasanya terungkap satu rahasia tergelap dari Odin, yaitu Hela adalah kakak kandung Thor.

Mjolnir, palu Thor dihancurkan dengan mudahnya oleh Hela. Thor dan Loki dilemparkan ke kosmos yang lain. Thor dibuang ke planet Skaar yang dikuasai oleh mahluk kuno, yakni Grandmaster. Thor dijual sebagai gladiator oleh seorang prajurit Valkyrie. Di Skaar, Thor dipaksa bertarung di Contest of Champion. Kemudian terlihat adegan yang sering muncul di trailer yaitu saat di arena gladiator, Thor bertemu dan melawan Hulk.

Sebelum Thor bertarung dengan Hulk, untuk persiapan Contest of Champion tersebut, Thor dipersiapkan. Selain menggunakan baju perang dengan senjatanya, Thor juga dipangkas habis rambutnya. Dan tukang potong tersebut adalah Stan Lee.

Ya, Stan Lee sang raja cameo film Marvell muncul sebagai tukang cukur rambut Thor.

Thor bersama Valkyre, Hulk dan Loki bersatu membuat sebuah kelompok yang bernama Revengers untuk mengalahkan Hela. Namun mereka bukanlah lawan tanding yang bagi Hela dan pasukannya. Lalu terbersit ide dari Thor dan Loki. Yaitu mereka bukan menghalangi ramalan Ragnarok, namun Ragnarok harus terjadi untuk melindungi bangsa Asgard dari kepunahan. Karena Asgard bukanlah tempat tapi sebuah bangsa.

Untuk itu Thor mengalihkan perhatian Hela dengan bertarung duel dengannya. Sedangkan Loki pergi ke tempat penyimpanan tanduk Surtur untuk dihidupkan lagi dengan Eternal Flame atau api abadi.

Dan akhirnya ramalan Ragnarok terpenuhi dengan Surtur duel melawan Hela sambil meluluhlantakkan negeri Asgard. Kehancuran negeri Asgard dilihat oleh Thor bersama rakyat Asgard yang berhasil meloloskan diri ke dalam kapal. Sambil duduk dalam takhta kebesaran, Thor memimpin perjalanan migrasi rakyat Asgard ke bumi.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Thor:_Ragnarok
https://www.duniaku.net/2014/11/24/spoiler-alert-8-prediksi-tentang-thor-ragnarok/
https://lifestyle.sindonews.com/read/1251097/165/review-film-thor-ragnarok-1508803028
http://showbiz.liputan6.com/read/3137954/thor-ragnarok-antara-kiamat-dan-sang-dewa-petir-yang-makin-lucu