Monday, April 29, 2019

Capital City


Capital city atau ibukota adalah kota tempat kedudukan pusat pemerintahan suatu negara, tempat dihimpun unsur administratif, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Untuk mencakup 3 fungsi eksekutif, legislatif, dan yudikatif tersebut umumnya ditampung oleh 1 kota saja.

Kecuali Afrika Selatan dimana terdiri dari 3 kota, yaitu Pretoria berfungsi sebagai ibu kota administrasi negara, Bloemfontein berfungsi sebagai ibu kota pengadilan, dan Cape Town bertindak sebagai ibukota legislatif Afrika Selatan.

Terdapat beberapa negara di dunia yang telah memindahkan pusat pemerintahan dari 1 kota ke kota lain dengan berbagai macam alasan. Diantaranya adalah
  1. Myanmar, tahun 2005 Myanmar memindahkan ibukota dari Rangoon (Yangon) ke Naypyidaw.
  2. Brasil, tahun 1950-1960 Brasil memindahkan ibukota dari Rio de Janeiro ke Brasilia.
  3. Kazakhstan, tahun 1997 Kazakhstan memindahkan ibukota dari Almaty ke Astana.
  4. Tanzania, tahun 1980 Tanzania memindahkan ibukota dari Dar es Salaam ke Dodoma.
  5. Pantai Gading, tahun 1983 Pantai Gading memindahkan ibukota dari Abidjan ke Yamoussoukro.
  6. Pakistan, tahun 1961 Pakistan memindahkan ibukota dari Karachi ke Islamabad.
  7. Rusia, tahun 1918 Rusia memindahkan ibukota dari St Petersburg ke Moskow.
  8. Turki, tahun 1923 Turki memindahkan ibu kotaTurki dari Konstantinopel (Istanbul) ke Ankara.

Bukan itu saja ada beberapa negara yang memindahkan ibukota, selengkapnya bisa dilihat di Daftar bekas ibu kota negara link wikipedia.org/wiki/Daftar_bekas_ibu_kota_negara. Bahkan menurut Lawrence Vale, profesor tata kota di Massachusetts Institute of Technology (MIT), lebih dari 70 persen ibu kota negara sejak tahun 1900, bukanlah ibu kota satu abad sebelumnya.

Negara adidaya Amerika Serikat pernah memindahkan ibukota dari New York ke Washington DC. New York akhirnya menjadi kota pusat ekonomi atau bisnis. Pemindahan ibu kota AS terjadi sekitar lebih dari dua abad yang lalu. New York hanya berperan sebagai ibu kota selama 5 tahun, yakni dari 1785 hingga 1790. Washington DC didirikan di atas lahan seluas 176,9 km2. Washington DC berkembang menjadi suatu pusat pemerintahan yang dipenuhi oleh gedung-gedung, monumen atau bangunan bersejarah.

Sejak Deklarasi Kemerdekaan pada 1776, Amerika Serikat sudah punya sembilan ibu kota. Sebelum Presiden George Washington menandatangani Residence Act pada 16 Juli 1790, Amerika pernah ber-ibu kota Philadelphia, Baltimore, Lancaster, Princeton, Annapolis, Trenton, York, dan New York.

Malaysia, tahun 1999 memindahkan pusat administrasi pemerintahan dari Kuala Lumpur ke Putrajaya dengan asalsan ibu kota sudah terlalu padat, jarak kedua kota ini hanya 25 kilometer. Saat ini Perdana Menteri Malaysia dan hampir semua menteri berkantor di Putrajaya, tapi ibu kota negara Malaysia tetap Kuala Lumpur. Putrajaya memiliki luas 46 km2 merupakan bekas lahan perkebunan kelapa sawit. Kuala Lumpur saat ini masih menjadi tempat untuk sultan dan parlemen Malaysia. Selain itu, Kuala Lumpur juga menjadi pusat perdagangan dan keuangan Malaysia.

Dalam sejarah Jepang, disebutkan bahwa tidak ada keputusan atau pengumuman resmi yang mengkonfirmasi perubahan ibu kota dari Kyoto ke Tokyo, yang berarti Kyoto secara teknis masih dapat dianggap sebagai ibu kota.

Kyoto menjadi ibu kota Jepang selama lebih dari satu milenium setelah didirikan pada tahun 794 Masehi. Kyoto dianggap sebagai “Ibu Kota Barat”. Kyoto sebagai ibu kota budaya Jepang dengan banyak situs warisan UNESCO dan tradisi yang kaya.

Tahun 1868, kaum oligarki (orang yang berkuasa atas suatu organisasi dan negara) memindahkan ibu kota ke Edo sehingga mereka bisa memiliki kekuatan tertinggi dalam perdagangan dan akses ke barat. Nama Edo menjadi Tokyo, yang berarti “ibu kota timur”. Di sisi lain, Tokyo sangat modern dengan hubungan baiknya dengan dunia barat.


Sumber :
http://www.tribunnews.com/nasional/2019/04/29/ibu-kota-indonesia-bakal-pindah-10-negara-ini-sudah-pindah-pusat-pemerintahannya?page=all
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3551999/amerika-pun-sembilan-kali-pindah-ibu-kota
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-2874472/begini-cerita-malaysia-pindahkan-pusat-pemerintahan-dari-kuala-lumpur-yang-macet
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3548972/sekilas-sejarah-pemindahan-ibu-kota-as-dari-new-york-ke-washington-dc
https://jpninfo.com/id/2941

No comments:

Post a Comment

Related Posts