Wednesday, April 17, 2019

Ketidakberpihakan


Ketidakberpihakan atau netralitas dalam pemilu 2019 ini adalah memilih sikap diam dalam memberikan dukungan kepada salah satu kontestan baik dalam arti aktif maupun pasif. Sengaja judul menggunakan kata ketidakberpihakan daripada netral karena khawatir ambigu dengan grup band Netral.

Meskipun Netral kini berganti nama menjadi NTRL. Karena saat kita googling dengan kata netral, yang muncul adalah Netral band musik Rock alternatif yang digawangi oleh Bagus Dhanar Dhana (Bagus) - vokal dan bassis, Gabriel Bimo Sulaksono (Bimo) - drummer, Ricky Dayandani (Miten) - gitaris. Dan kini NTRL berisikan Bagus, Eno Gitara Ryanto (Eno) dan Christopher Bollemeyer (Coki).

Menurut kamus KBBI, netrak mempunyai arti sebagai berikut :
netral/net·ral/ /nĂ©tral/ a 1 tidak berpihak (tidak ikut atau tidak membantu salah satu pihak): kepala negara harus tetap -- menghadapi pertentangan antarpartai; 2 tidak berwarna (dapat dipakai untuk segala warna): semir sepatu berwarna hitam, cokelat, -- , dan merah; 3Ling tidak dalam kelompok jantan atau betina (tentang kata-kata); 4 menunjukkan sifat yang secara kimia tidak asam dan tidak basa; 5 cak bebas; tidak terikat (oleh pekerjaan, perkawinan, dan sebagainya): saya sudah -- sekarang;

Kembali kepada topik awal yaitu dalam pemilu, perlunya kita menjadi dewasa dalam berdemokrasi dengan puasa keberpihakan dengan harapan pemilu menjadi berintegritas sehingga menjadi pintu awal sebuah peradaban pemilu.

Meneladani sikap Mahfud MD, bahwa bersikap netral adalah bukan berarti harus menjauh dari pihak-pihak yang berseberangan. Namun netral baginya adalah membuka diri bagi keduanya. Dan Mahfud MD termasuk orang yang integritasnya sangat tinggi, selain beliau juga memiliki kadar keilmuan yang baik di bidangnya.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/NTRL
https://kbbi.web.id/netral
https://radarjember.jawapos.com/2019/04/18/pentingnya-netralitas-untuk-peradaban-pemilu/
https://radarjember.jawapos.com/2019/04/18/netralitas-mahfud/

No comments:

Post a Comment

Related Posts