Tuesday, June 18, 2019

Baran Energy

Mulanya aku mendapatkan share dari teman yang sharing mengenai info lowongan kerja, lalu informasi tersebut aku teruskan ke grup WA untuk saudara handai taulan. Isi dari sharing tersebut adalah sebagai berikut :

Let’s Come and Join with Baran Energy Dream Team 2019

We, at Baran Energy, we want to change how Indonesian generate and consume energy, than later how we can shift to electric mobility.
If you’re a passionate person, with good skills, and wiling to take some risk, just fill in the form, and let’s see what will happen!
For you guys boy and girl age 22 yo - 32 yo
Join our team and we go where no Indonesian has gone before

Kemudian aku melanjutkan aktivitas kerja di kantor seperti biasa.

Siang hari saat ada waktu luang, aku penasaran dengan Baran Energy. Lalu aku buka link instagram dari @baranenergy. Isinya cukup menarik. Terdapat beberapa foto yang menampilkan sejumlah orang dengan setelan kaos berlogo Baran dipadu padan dengan celana kain dan celana jeans sehingga terkesan santai bergaya tidak formal.

Menarik untuk diketahui lebih lanjut.


Baran Energy mengembangkan teknologi power storage yang bisa menampung energi listrik, baik yang bersumber dari matahari, air, maupun angin. yang saat ini mengembangkan tiga varian produk teknologi energi ramah lingkungan, yaitu PowerWall berkapasitas 8.8 KWh, PowerPack 126 KWh, dan PowerCube 1.2 MWh.

Ketiga perangkat tersebut digunakan untuk rumah tinggal, pabrik, real estate, perkebunan, pertambangan, hingga industri sekala besar. Dengan teknologi tersebut nantinya pengguna hanya bayar listrik 5 tahun, tetapi selanjutnya bisa gratis listrik selama 15 tahun.

Baran Energy sudah diaplikasikan di sebuah kawasan perumahan murah (seharga 250 juta-an) telah dibangun dan dipakai solar panel. Kawasan perumahan ini dapay menghemat listrik hingga 60%.

Tidak cukup dibuku namun sekarang sudah saatnya kita mengubah energi konvensional (yang berbasis fosil dan atau batu bara) menjadi energi yang safety, efektif, powerfull.

Adalah Victor Wirawan, sang CEO dari PT. Aldebaran Rekayasa Cipta atau yang lebih akrab disebut dengan Baran Energi. Victor Wirawan adalah anak muda kelahiran Malang Jawa Timur. Konon latar pendidikan dari Victor Wirawan hanya sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Selain mempunyai Baran Energy, Victor Wirawan juga mempunyai perusahaan property. Dalam bisnis property pernah dalam satu hari omset penjualannya bisa mencapai 100 milyar. Selanjutnya Victor Wirawan mempunyai mimpi membuat mobil listrik Indonesia.

Insting bisnis dari Victor Wirawan sudah terlihat saat kecil. Di masa sekolah, saat ikan cupang aduan sedang marak, dia tidak ikut-ikutan hanya membeli dan megadu cupang. Namun Victor mengembang biakkan ikan cupang lalu menjualnya kembali.

Umur 19 tahun, Victor Wirawan memulai bisnis dengan mempunyai pabrik rokok, namun usaha tersebut tidak berjalan mulus, dan hanya bertahan 3 tahun.

Umur 24 tahun Victor Wirawan menjadi kontraktor dan merehabilitasi 10.000 rumah yang tidak layak huni di sebuah kabupaten hanya dalam waktu 4 bulan. Dalam bidang kontraktor Victor mempunyai pengalaman dalam membangun jembatan, infrastruktur, gedung pemerintahan dan jalan penghubung di Kalimantan.

Kedepan diharapkan Baran Energy bisa menjadi perusahaan unicorn sekaligus menemani empat perusahaan Indonesia yang sudah menjadi unicorn terlebih dulu, yaitu Go-Jek, Traveloka, Tokopedia dan Bukalapak.


Sumber :
https://edukasi.kompas.com/read/2019/06/02/20040241/lewat-startup-victor-merintis-trik-hemat-biaya-listrik.
http://www.tribunnews.com/bisnis/2019/06/02/victor-wirawan-milenial-indonesia-yang-bakal-bikin-orang-indonesia-gratis-pakai-listrik?page=all.
https://www.sapadunia.com/2018/12/mengenal-victor-wirawan-si-elon-musk.html
https://www.sattoraji.com/2018/12/victor-wirawan-kembangkan-mobil-listrik-Indonesia.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts