Wednesday, June 19, 2019

Generasi X, Y dan Z

Selain membaca buku atau artikel yang membahas Personality, juga ada artikel yang menarik dibaca dan dibahas, yaitu mengenai pengelompokan generasi manusia. Generasi yang populer dan sering dibahas akhir-akhir ini adalah Generasi Milenial.

Setidaknya ada 6 generasi yang hidup di dunia saat ini serta generasi yang umumnya dibahas. Yaitu sebagai berikut :


Generasi Survivors / Pre Baby Boom
(Lahir 1926 - 1945)

Generasi ini disebut dengan generasi Survivors atau generasi Pre Baby Boom. Mereka lahir pada rentang tahun 1926 hingga tahun 1945. Sehingga generasi ini dianggap “orang lama” yang mempunyai banyak pengalaman kerana telah lama hidup.

Ciri dari generasi Survivors adalah memiliki karakter yang kuat karena mengalami masa sulit pasca Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Ciri lain dari generasi Survivor adalah mereka sangat menghargai keluarga, keimanan, tradisi dan komunitas.

Generasi ini cukup adaptive, yaitu dimana mereka mudah menerima dan menyesuaikan diri dengan keadaan semasa.


Generasi Baby Boomer
(Lahir 1946 - 1965)

Generasi Baby Boomer lahir pada tahun 1946 hingga 1964 atau 1965. Yaitu tepat setelah Perang Dunia I dan Perang Dunia II, sehingga terjadi ledakan dan lonjakan kelahiran di dunia. Hal ini dikarenakan pada waktu peperangan, banyak orang yang menangguhkan kelahiran.

Ciri dari generasi baby boomer adalah mereka yang dipenuhi dengan rasa optimisme, prestasi dan kemakmuran. Mereka adalah generasi yang idealis, hidup berdikari dan tidak lagi terlalu bergantung kepada keluarga.


Generasi X / The Baby Bust 
(Lahir 1966 - 1980)

Terdapat 3 referensi bagi mereka yang tergolong sebagai generasi X, yaitu mereka yang lahir dari tahun 1966 hingga tahun 1977, dan yang kedua adalah hingga tahun 1982. Dan yang terakhir adalah dari tahun 1965 hingga tahun  1980.

Setelah era “The Baby Boomer”, tingkat kelahiran turun dengan mendadak. Generasi ini kemudian disebut dengan “Generation X” atau Gen X dengan istilah “X” merujuk kepada kumpulan yang terpinggir dalam masyarakat walaupun mereka mendapat pendidikan yang lebih baik.

Gen X ialah generasi internet yang menganggap internet sebagai media yang tidak memerlukan kepakaran (nonspecialist media).

Ciri Generasi X adalah mereka sang pengembara apatis yang tak tentu arah. Jarang dari generasi ini yang mapan dikarenakan muncul ketidak-percayaan mereka terhadap peran keluarga, timbul keraguan untuk membangun relasi dan sikap "kerjakan sendiri".


Generasi Y / The Echo of the Baby Boom / Milenial 
(Lahir 1980 - 1995)

Terdapat 4 referensi untuk generasi Y, yaitu mereka yang lahir dari tahun 1977 hingga tahun 1994. Dan yang kedua adalah mereka yang lahir dari 1983 hingga tahun 2001. Dan yang ketiga adalah dari tahun 1980 hingga tahun 1995. Dan yang terakhir adalah tahun 1977 hingga tahun 1997.

Sehingga aku pribadi lebih sudah memisahkan antara Gen Y dengan Gen Milenial. Dimana Gen Y adalah mereka yang lahir dari tahun 1980 hingga tahun 1987, sedangkan Gen Milenial adalah yang lahir dari tahun 1988 hingga tahun 1995.

Generasi ini disebut dengan Generasi Y atau Gen Y, karena salah satu faktornya adalah karena cukup banyak wanita yang memilih untuk berkeluarga dan melahirkan anak pada usia yang agak lewat, iaitu 30an atau 40an.

Generasi Y lebih tidak menyukai formalitas jika dibandingkan dengan Generasi X. Generasi ini menuntut fleksibilitas dalam bekerja, mempertanyakan semua keputusan (dan bahkan sangat kritis), lebih mahir berhadapan dengan teknologi dibanding generasi sebelumnya.

Generasi milenial tumbuh besar dengan alat eletronik dan gadget yang canggih, sehingga secara tidak langsung generasi ini sangat dekat dan mengenal kepada teknologi canggih. Generasi Y sudah tidak mendengar tentang Perang Dingin atau Cold War.



Generasi Z / Gen Net
(Tahun 1995 - 2012)

Terdapat 2 referensi bagi anak siapa yang menyandang generasi Z ini, yaitu mereka yang lahir dalam rentang tahun 1995 hingga tahun 2012, dan yang kedua adalah mereka yang lahir diatas tahun 2002.

Generasi ini ditandai dengan mereka yang jago kandang yaitu lebih memilih tinggal dirumah yang aman dan nyaman daripada pergi menjelajah dunia.

Generasi Z atau Gen Z juga dikenal sebagai Generation Net. Hal ini dikarenakan generasi ini hidup pada dunia yang sangat dimudahkan yang serba digital.


Generasi Alpha
(Lahir 2013 - dst)

Ini merupakan generasi terakhir yang mendiami bumi saat ini. Diperkirakan generasi ini akan menjadi generasi yang paling pintar tapi sayangnya akan menjadi generasi anti sosial. Hal ini dikarenakan sejak usia belia yaitu berumur 1 tahun saja sudah bisa bermain gadget.

Mereka sudah tidak nonton TV namun lebih suka dan lebih memilih nonton dan berseluncur melalui internet.


Sumber :
https://tanyakonsultan.blogspot.com/2014/07/generasi-x-y-dan-z.html
https://potretbuku.blogspot.com/2016/03/millenials-work.html
https://tanyakonsultan.blogspot.com/2019/06/5-generasi.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts