Thursday, June 27, 2019

Alter Ego


Dalam dunia Marvel terdapat tokoh Ronin sebagai alter ego dari Hawkeye. Hawkeye meninggalkan anak panah dan busur dan berubah menjadi prajurit samurai dengan senjata pedang Katana, dan menyandang identitas menjadi Ronin, sebuah identitas layaknya seorang Samurai yang tidak memiliki tuan dan seorang Samurai yang bebas tanpa terikat peraturan.

Alter ego lainnya adalah Winter Soldier yang menjadi White Wolf. Dan sebelumnya lagi juga ada Nomad, alter ego dari Captain America.

Apa sebenarnya alter ego itu?

Alter ego berasal dari bahasa Latin yang berarti "aku yang lain". Dalam dunia psikologi alter ego merupakan orang yang menjalani kehidupan ganda. Selain kehidupan ganda atau kepribadian ganda, konsep alter ego juga terkait sperti avatar, doppelgänger dan peniru.

Dalam kepribadian ganda juga dikenal isitilah dissociative identity disorder.

Dissociative identity disorder (DID), yang sebelumnya dikenal dengan multiple personality disorder atau oleh orang awam disebut kepribadian ganda, adalah kelainan di mana seseorang memiliki lebih dari satu identitas dalam satu tubuh.

Beberapa ciri alter ego adalah:
  1. panik
  2. mempunyai perilaku yang berbeda
  3. emosi tidak stabil
  4. penderita akan lupa bila alter ego-nya yang menguasai
  5. gangguan dipersonality atau lebih

Namun yang menarik adalah teori kepribadian yang diutarakan oleh Sigmund Freud, bapak psikologi. Yaitu dimana kepribadian manusia merupakan hasil interaksi dari tiga jenis karakter manusia, yaitu id (identitas), ego, dan superego.

Apa itu dan apa bedanya antara id (identitas), ego, dan superego?
  1. Id (identitas) merupakan komponen di dalam karakter manusia yang paling primitif yang disebut juga sebagai insting, yang menitikberatkan pada kepuasan instan dari kebutuhan, misalnya hasrat, keinginan, dan dorongan kebutuhan tubuh. Id bekerja secara tidak sadar dan bkerja sesuai dengan prinsip kesenangan, yang dimiliki oleh setiap manusia sejak lahir. Sehingga id menjadi komponen kepribadian manusia yang paling egois, sekaligus sebagai pusat egosentris manusia. Fokus id hanya terletak pada apa yang diinginkan dan dibutuhkan pada saat itu juga.
  2. Super ego, merupakan komponen yang peduli dengan moralitas dan aturan yang bekerja pada tingkat sadar atau kebanyakan orang menyebut sebagai hati nurani yang merangsang karakter manusia yang peka terhadap lingkungan sosial. Super ego membuat manusia memiliki rasa khawatir, plin-plan, rasa bersalah dan malu. Super ego belum ada sejak lahir dan belum berkembang hingga mencapai usia lima tahun.
  3. Ego, adalah penyeimbang super ego dan id (identitas). Ego merupakan prinsip realistis di kehidupan manusia yang rasional dan pragmatis. Ego adalah perasaan tentang diri sebagai satu set fungsi psikis yang mencakup penilaian, kontrol, toleransi, pengujian, intelektual, memori, realitas dan perencanaan. Ego dilakukan secara sadar dan tidak sadar. Ego terjadi selama masa kanak-kanak. Ego membuat manusia memiliki rasa kecemasan, depresi dan frustasi.


Sumber :
http://www.taufanyanuar.com/2018/04/hawkeye-dan-ronin.html
http://www.taufanyanuar.com/2018/04/captain-america-dan-nomad.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Alter_ego
https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/memiliki-alter-ego-normal-atau-tidak/
https://www.alodokter.com/komunitas/topic/tidak-mengerti-sikap-saya
https://doktersehat.com/karakter-manusia-sigmon-freud/

No comments:

Post a Comment

Related Posts