Thursday, June 20, 2019

Kulkas Tidak Dingin

Setelah ditinggal 2 minggu liburan prahara peralatan yang tidak bekerja dengan semestinya bertambah. Jika sebelumnya adalah Mesin Cuci Bocor dan sudah diperbaiki, sekarang ini lemari es atau kulkas tidak dingin.

Jika tidak segera diperbaiki maka dapat menyebabkan makanan dan minuman yang disimpan di kulkas bisa cepat basi.

Lemari es atau kulkas yang dalam kondisi baik adalah berada di suhu normal sekitar di bawah 4°C. Sedangkan freezer mempunyai suhu sekitar -18°C. Jika tidak berada dalam suhu atau temperature tersebut, maka kulkas perlu segera di cek.

Terdapat beberapa penyebab yang dapat membuat kulkas tidak dingin, yaitu sebagai berikut :
  1. Sering Membuka Tutup Pintu Kulkas
  2. Pengatur Suhu Diturunkan 
  3. Karena stop kontak sebagai sumber energi tidak berfungsi dengan baik
  4. Karena Disusupi Benda Panas
  5. Posisi atau Letak Kulkas tidak Tepat, yaitu kulkas diletakkan bersebelahan dengan benda-benda panas, misalnya benda elektronik seperti televisi tabung dan pemanas rumah. Termasuk panas matahari yang ekstrem.
  6. Bunga Es, jika dalam kulkas terdapat bunga es yang terlalu tebal dan menutupi bagian lubang angin. Lubang angin berperan dalam mendinginkan udara di dalam kulkas. Untuk mengatasinya kita biarkan kulkas terbuka dan letakkan kipas angin menyala di depannya agar angin dari kipas angin bisa langsung berinteraksi dengan bagian dalam kulkas.
  7. Karet Pintu Kulkas Kering atau Longgar, karet kulkas ini berfungsi dalam menjaga keawetan kinerja kulkas secara keseluruhan, karena ketika pintu kulkas tidak tertutup rapat dan mengakibatkan adanya pertukaran udara dari luar yang membawa uap air, menyebabkan kulkas harus bekerja lebih ekstra lagi dalam mempertahankan dan menyeimbangkan suhu di area dalam.
  8. Freon Habis
  9. Karena Evaporator Putus
  10. Kompresor Kulkas Melemah

Sumber :
https://www.99.co/blog/indonesia/kulkas-tidak-dingin/
https://www.dekoruma.com/artikel/69689/penyebab-kulkas-tidak-dingin
https://www.arjunaelektronik.com/panduan/panduan-membeli-kulkas-2/fungsi-dan-perawatan-karet-kulkas/

No comments:

Post a Comment

Related Posts