Tuesday, October 4, 2022

ISC Mobil Rusak

Tiba-tiba tadi pagi saat akan berangkat ke kantor, sesaat setelah mobil distarter belum 2 detik langsung mati. Sebelum-sebelumnya juga ada gejala seperti revolusi putaran mesin tidak stabil, terutama saat mesin dijalankan dengan kecepatan yang rendah. 

Mesin mobil terasa bergetar saat dijalankan dengan kecepatan rendah. 

Terkadang kecepatan putaran mesin tiba-tiba naik, meskipun kita tidak menginjak gas. Saat rpm mesin tiba tiba naik, lalu turun secara signifikan. Sehingga kecepatan putaran mesin tiba-tiba turun saat kita mengendarai.

Apalagi saat kita menyalakan AC selama perjalanan. Beban mesin pun bertambah karena harus memutar kompresor. 

Kondisi dengan ciri-ciri kecepatan putaran mesin tiba-tiba turun drastis hingga menyebabkan mobil mati secara mendadak disebabkan oleh ISC mobil rusak 

Seharusnya pada kecepatan normal, harusnya RPM mobil juga stabil karena ISC mampu mengatur keluar masuknya udara dengan sempurna. Udara terlalu vacuum di dalamnya yang membuat perputaran mesin menjadi tidak sempurna.

ISC atau Idle Speed Control merupakan hal vital bagi mobil dengan mesin karburator manual yang memiliki fungsi utama mengatur kecepatan putaran mesin dengan stabil, serta mampu mengatur banyaknya udara yang masuk atau keluar. 

Fungsi yang sangat vital dari ISC adalah membantu mesin cepat panas di pagi hari, karena mampu menaikkan RPM hingga 2000. Anda cukup menyalakan mesin, maka ECU akan mengirimkan perintah pada ISC untuk menaikkan putaran mesin jadi lebih tinggi. 

Mobil mendadak mati akibat ISC yang tidak berfungsi adalah karena pintle yang memiliki peran untuk mengatur besar kecilnya suplai udara yang masuk ke mesin dalam posisi idle. Pintle bersifat mekanis, sehingga sering ditemukan masalah seperti macet dan tidak dapat beroperasi akibat korosi atau penumpukan kotoran. 

Jika pintle macet dalam keadaan tertutup, maka banyaknya suplai udara yang masuk membuat rpm turun dan begitu pula sebaliknya. 

Selain itu ISC rusak ada pada ujung pintle aus yaitu akibat jangka pemakaian yang lama. Seiring bertambahnya usia, pintle pun tidak akan bekerja optimal. Daya tahannya yang mulai menurun menjadi penyebab utama mengapa terjadinya kerusakan pada pintle. 

Ketika kondisinya semakin parah, ditakutkan dapat mengakibatkan kebocoran udara.


Sumber :

https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/isc-mobil---pengertian-ciri-ciri-dan-fungsinya/

https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/penyebab-isc-tidak-berfungsi/

2 comments:

Related Posts