Tuesday, January 5, 2016

Konsep Perkalian Matematika


Pernah beberapa waktu silam terjadi kehebohan mengenai soal anak SD bidang mata studi matematika mengenai konsep perkalian 4 x 6 yang diprotes oleh kakaknya dan akhirnya setelah diunggah ke media sosial pembahasan soal dari konsep perkalian 4 x 6 hingga dibahas oleh 2 Profesor.

Dan akhirnya aku mengalami saat memeriksa hasil pekerjaan PR dari anakku, juga mengenai konsep perkalian matematika.

Berdasarkan konsep matematika bahwa konsep perkalian 4 x 3 tidak sama dengan konsep perkalian 3 x 4. Sekali lagi kita tidak membahas mengenai hasil perkalian, namun membahas konsep perkalian.

Konsep perkalian matematika dari 4 x 3 adalah penjumlahan berulang 3 + 3 + 3 + 3.
Sedangkan konsep perkalian matematika dari 3 x 4 adalah penjumlahan berulang 4 + 4 + 4.

Untuk memudahkan ilustrasi konsep perkalian diatas contoh yang mudah adalah mengenai resep dokter saat kita diberi obat. Dokter akan menulis dengan resep minum obat 3 x 1 kapsul sehari, yang artinya kita disuruh minum 1 + 1 + 1. Yaitu 1 kapsul di pagi hari, 1 kapsul di siang hari dan 1 kapsul di malam hari.

Sehingga tentunya akan berbeda jika ditulis dengan 1 x 3 kapsul sehari.

Jadi disini konsep bahwa matematika itu adalah bahasa, untuk itu rumus atau konsep matematika termasuk konsep perkalian harus konsisten sesuai dengan kesepakatan bersama, karena matematika tidak lebih sebagai bahasa. Bahasa matematika.


Sumber :
https://adimath17.wordpress.com/2012/08/10/problematika-matematika-konsep-perkalian-sederhana/
https://www.zenius.net/blog/5326/matematika-bahasa-sains-4x6-6x4