Monday, January 18, 2016

Pemimpin


Kita harus mampu melihat suatu peristiwa dalam satu kesatuan utuh.  Karena itu kita tidak dapat mengabaikan faktor manusia sebagai pihak yang memegang peranan paling penting. Untuk itu perlu kita pahami bersama karena sederet taktik brilian tidak akan ada artinya apa-apa tanpa seorang pemimpin yang mengerti benar situasi dan kondisi di lapangan.

Sebuah gerakan perlawanan juga tidak akan mencapai cita-cita yang telah dikorbankan tanpa seorang pemimpin yang handal dan menjiwai benar cita-cita pergerakan.

Sebuah negara tidak akan survive tanpa seorang pemimpin yang mampu menjalankan roda pemerintahan secara tegas dan knstitusional.

Pemimpin adalah seseorang yang dapat merubah dan mengubah kelemahan menjadi kekuatan, rintangan menjadi batu pijakan dan petaka menjadi kemenangan.

Untuk menjadi pemimpin, kepandaian memang bukanlah segala-galanya. Kekuatan pemimpin bisa dikatakan tidak berasal dari bangku sekolah. Kekuatan pemimpin didapat dari KEMAUAN dan KEMAMPUAN memahami problema yang dihadapi.

Kekuatan pemimpin juga terletak pada SEMANGAT dan KEBERANIAN mengubah hal-hal yang dianggap tidak mungkin.