Monday, January 18, 2016

Cukup dan Mencukupi

Setelah I'M POSIBBLE tayang perdana pada tanggal 3 Januari 2016, hampir tiap minggu malam aku rutin menonton tayangan apik untuk membangkitkan motivasi dalam diri yang dipandu oleh trio motivator Merry Riana, James Gwee dan Dedy Susanto.

Yang menarik adalah tayangan ketiga yang ditayangkan pada tanggal 17 Januari 2016, tepat pada malam sebelum ultahku. Tepatnya 2 masukan yang diberikan oleh James Gwee, yaitu sebagai berikut.

Kita yang lahir di Indonesia dan saat ini berusia produktif hingga tahun 2030 adalah individu yang tergolong in the right dan in the right place. Tapi apakah kita the right person?

Kita hidup dalam 4 fase, apakah karir kita akan cukup dan mencukupi.


Yang mau aku catat adalah mengenai 4 fase dari manusia. Apa saja 4 fase tersebut dan mengapa dari 4 fase kehidupan manusia tersebut harus dipastikan tidak hanya sekedar cukup tapi juga mencukupi? Akan kita berikan penjelasan seperti apa yang telah diberikan oleh James Gwee.

Fase 1 : Sekolah
Fase 2 : Karir dan Single
Fase 3 : Karir dan Berkeluarga
Fase 4 : Masa Pensiun

Fase 1 : Sekolah
Usia 1 -  22 tahun

Pada fase 1 ini pengeluaran kita masih sangatlah kecil. Dan semua pengeluaran kita saat sekolah bisa tertutupi dengan uang jajan atau uang saku yang diberikan oleh orang tua kita. Sehingga kondisi keuangan kita saat fase ini adalah cukup.

Fase 2 : Karir dan Single
Usia 23 - 25 tahun

Dimasa karir awal, yaitu dimana kita baru memulai bekerja tentunya pemasukan yang kita dapat akan naik namun pengeluaran juga mengikuti. Namun dalam fase ini kita akan memiliki banyak selisih dari pemasukan dengan pengeluaran yang dapat kita gunakan untuk instrumen investasi atau minimal untuk sekedar saving dan tabungan.

Fase 3 : Karir dan Berkeluarga
Usia 26 - 55 tahun

Kemudian tiba saatnya kita akan menikah, pemasukan akan meningkat seiring berjalannya waktu namun pengeluaran akan meningkat lebih tajam. Misalnya saja untuk pengeluaran rumah dan transportasi yang semakin membengkak.

Lalu kemudian setelah menikah kita akan mendapatkan momongan. Disinilah tingkat pengeluaran kita akan meningkat 2x lipat. Yaitu dimana selain biaya melahirkan tapi juga untuk pengeluaran berupa susu dan popok.

Terlebih saat anak kita sudah memasuki usia sekolah, dimana pengeluaran akan semakin meningkat pula.

Fase 4 : Masa Pensiun
Usia 55 - 75 tahun

Saat memasuki masa pensiun pengeluaran memang sudah menurun karena anak kita sudah mulai mandiri karena telah bekerja, namun patut diingat saat pensiun pemasukan kita juga menurun drastis. Saat pemasukan hanya datar-datar saja, namun pengeluaran kita akan cenderung meningkat karena kondisi kesehatan.

Untuk itu, perlu adanya perencanaan yang tidak sekedar cukup dalam 1 fase saja, namun juga harus mencukupi untuk keseluruhan fase.