Sunday, January 31, 2016

Menanam Pohon Ketapang

Selain pohon pepaya yang membuat rumah menjadi lebih hijau dan asri, juga perlu ditanami tumbuhan yang dapat membuat rumah menjadi lebih rindang. Sebelum menemukan jenis pohon ketapang ini saat dalam perjalanan aku gunakan untuk melihat-lihat jenis pohon apa kira-kira yang tepat untuk ditanam di halaman rumah dengan tujuan rumah menjadi teduh dan rindang.

Dan akhirnya aku pilih pohon ketapang. Pohon ketapang merupakan tanaman yang memiliki ciri batang yang menjulur kesemua arah sehingga menjadi peneduh, pohon ketapang kencana masih kerabat dengan pohon ketapang.

Ketapang atau katapang mempunyai nama latin Terminalia catappa merupakan jenis pohon tepi pantai yang rindang. Lekas tumbuh dan membentuk tajuk indah bertingkat-tingkat, ketapang kerap dijadikan pohon peneduh di taman-taman dan tepi jalan.

Habitat yang disukai oleh pohon ketapang adalah daerah dataran rendah hingga ketinggian 500 meter dpl. Daunnya meluruh (meranggas) dua kali dalam setahun. Pohon ini menggugurkan daunnya hingga dua kali dalam setahun sehingga tanaman ini mampu bertahan menghadapi bulan-bulan yang kering.

Pohon besar, tingginya mencapai 40 m dan gemang batang sampai 1,5 m. Bertajuk rindang dengan cabang-cabang yang tumbuh mendatar dan bertingkat-tingkat; pohon yang muda sering nampak seperti pagoda.

Berikut adalah pertumbuhan pohon ketapang yang direkam saat berusia sekitar 1 bulan, 6 bulan dan 12 bulan.

Pohon ketapang 1 bulan
07 Februari 2015

Pohon ketapang 6 bulan
24 Juli 2015

Pohon ketapang 12 bulan
31 Januari 2016

Pohon ketapang 20 bulan
03 November 2016


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Ketapang
http://www.agrobisnisinfo.com/2015/07/pohon-ketapang-manfaat-ketapang-mulai.html
http://www.bijibersemi.com/2015/11/baca-dulu-sebelum-menanam-pohon-ketapang-kencana.html