Sunday, January 3, 2016

Mengecat Pagar Tembok Rumah


Liburan panjang dalam rangka hari Natal 2015 dan tahun baru 2016 cukup panjang. Jika hanya diisi dengan liburan (yaitu pergi ke Wisata Bahari Lamongan dan Maharani Zoo & Goa) maka masih akan banyak waktu tersisa. Baca buku juga sudah hampir bosan.

Acara yang tepat saat libur tahun baru 2016 adalah membuat sesuatu menjadi baru atau minimal menjadi terkesan baru (peremajaan barang). Yaitu misalnya mengecat ulang sepeda dan pagar rumah.


Pemilihan Cat

Untuk langkah pertama yang perlu dilakukan adalah pemilihan cat. Secara rumah tangga kita menganut demokrasi, sehingga setiap orang mempunyai hak suara yang sama. Padahal dirumah 4 anggota rumah mempunyai warna favorit masing-masing yang berbeda-beda.

Aku suka warna biru, istriku suka warna kuning, anakku yang pertama suka warna hijau dan anakku yang kedua suka merah.

Setelah melalui proses diskusi dan musyawarah, akhirnya tercapai kata mufakat. Kata bulat yang disepakati adalah warna Turquoise color atau greenish blue color. Atau yang lebih familiar adalah warna hijau kebiru-biruan (atau biru kehijau-hijauan).

Segara kita pergi ke toko bangunan untuk mencari cat dengan warna diatas. Setelah kita mencari-cari merk cat tembok yang bagus, pilihan kita adalah cat dengan merk Dulux, karena pilihannya beragam. Lalu kemudian kita mencari warna yang dimaksud.

Pilihan kita akhirnya jatuh kepada warna yang disebut dengan Bermuda Pool. Tidak bermaksud iklan atau pariwara, pilihan cat ini sudah kita dasari pada harga, kualitas dan pilihan warna. Mengutip dari website Dulux Catylac Exterior (cerahmenakjubkan.com), warna cerah Bermuda Pool membuat rumah Anda tampak segar dan damai. Memandangnya, terbayang ketika bermain di tepi pantai dan menyentuh buih-buih ombak.

Yang unik kita adalah saat kita tidak akan menemukan cat dengan warna yang kita pilih. Setelah kita pilih operator cat akan mengambil kaleng cat warna putih, lalu dia melihat kode dari warna cat yang kita pilih. Lalu dimasukkan ke dalam mesin pencampuran cat. Dikarenakan kita memilih warna biru Bermuda Pool, maka keluar cat warna biru yang dituangkan ke dalam kaleng cat warna putih secara otomatis. Setelah itu dengan menggunakan mesin yang lain akan dilakukan proses mixing. Sehingga tidak heran jika cat mempunyai 10.000 varian warna.

Cat ini mempunyai 2 kemasan, yaitu kemasan 5 Kg dan 25 Kg. Karena hanya untuk pagar, kita beli yang dalam kemasan 5 kg. Terdapat keterangan untuk mengecat dengan menggunakan cat ini adalah sebagai berikut :
Daya Sebar Teoritis : 7-10 m2 /Kg
Pengenceran : 20% untuk lapis pertama lalu 10% untuk lapis berikutnya
Masa Pengeringan : 1 - 2 Jam



Pembersihan dan Pengamplasan

Kita seisi rumah sudah menempati rumah sejak Juni 2012, dan diperkirakan sejak Februari 2010 rumah ini terakhir di cat. Sehingga tidak heran jika kondisinya kotor dan banyak tumbuh lumut disana sini.

Sehingga langkah pertama adalah pembersihan dan pengamplasan. Kita gunakan semua alat yang ada di garasi dan di kamar mandi. Mulai dari cetok, sikat, amplas dan kuas. Apapun kita gunakan dengan tujuan tembok kembali bersih dari kotoran debu dan lumut yang melekat.

Jangan lupa gunakan alat pengaman, misalnya masker, topi dan kaca mata. Agar debu kotoran yang beterbangan tidak masuk hidung, rambut dan mata. Untuk lebih aman dan pembersihan jangan dalam kondisi kering karena debu akan semakin mudah beterbangan. Gunakan pembersihan basah. Bisa disiram terlebih dulu, atau cukup basahi sikat tadi dengan air lalu mulai pembersihan ke tembok.



Pengeringan

Setelah proses pembersihan dan pengamplasan, lalu diamkan sejenak agar tembok kering. Saat akan kering cek kembali, jika ada bagian tembok yang masih kotor karena terlewati. Karena jika kotor nantinya akan mempengaruhi kualitas hasil pengecatan.



Pengecatan

Proses selanjutnya adalah proses inti, yaitu pengecatan. Dalam pengecatan kita dapat menggunakan 2 alat, yaitu kuas dan rol. Untuk bagian tembok yang luas, gunakan alat rol dalam pengecatan, karena selain lebih rata juga lebih cepat.

Sedangkan kuas nantinya kita gunakan pada bagian tembok yang lebih sempit terutama area yang membutuhkan lebih detail dalam proses pengecatannya. Sebelum proses pengecatan tembok pagar rumah, tuangkan cat dari kaleng ke wadah yang lebih lebar. Lalu untuk pengecatan pertama encerkan cat dengan menggunakan air bersih sebanyak 20%.

Cat dengan menggunakan rol dan kuas tadi hingga rata ke semua bagian tembok pagar rumah. Setelah itu istirahat minum air dingin agar badan lebih segar sambil menunggu kering. Lalu setelah dirasa sudah agak kering sekitar 1 hingga 2 jam, dilanjutkan pengecatan kedua dengan cara yang sama, yang tuangkan cat dari kaleng ke wadah yang lebih lebar lalu encerkan dengan air bersih sebanyak 10%.


Hasilnya adalah tembok pagar rumah yang bersih dan segar saat memandangnya.