Sunday, January 24, 2016

Konseptor dan Eksekutor

Investor = punya uang.
Konseptor = punya ide
Eksekutor = bisa bekerja


Seorang pemimpin adalah seorang konseptor yang menduduki posisi tinggi. Seorang pemimpin berbeda dengan pimpinan. Seorang pemimpin yang sukses bukan sekedar seorang pimpinan yang mempunyai banyak pengikut.

Eksekutor dan praktisi sering menganggap bahwa pemikiran akademisi dan konseptor terlalu melangit, dan sering kurang membumi dengan kondisi lapangan yang ada.

Konseptor dan akademisi beranggapan bahwa apa yang mereka rumuskan adalah sesuatu yang juga berangkat dari realita yang jauh lebih luas, tidak hanya realita yang dijumpai oleh eksekutor dan praktisi, namun dari banyak realita yang sudah berdasarkan riset dan teruji validitas serta reabilitasnya.

Ciri-ciri konseptor adalah
detail,
runtut,
kesimpulan yang jelas asal usulnya.
cenderung menjawab pertanyaan ‘apa’ dulu baru menjawab pertanyaan ‘bagaimana’.

Ciri-ciri seorang eksekutor
cenderung mendahulukan  menjawab pertanyaan ‘bagaimana’ daripada menjawab pertanyaan ‘apa’.

Konseptor dan eksekutor tidak terlepas dari hal apa yang dinamakan dengan instruksional dan struktural. Seorang konseptor perlu menyelami kondisi para eksekutor-nya sehingga konsep, kebijakan, dan strategi-strategi dapat lebih membumi yang sesuai dengan kondisi lapangannya.

Konseptor bisa diibaratkan sebagai otak sedangkan tangan dan kaki adalah eksekutor. Maka otak saja tanpa anggota tangan kaki tidak berarti apa-apa. Tangan dan kaki yang baik namun tidak ada otak juga tak bermakna.


Sumber :
http://muflihanshari.blogspot.co.id/2013/04/arti-seorang-pemimpin.html
https://asrilna.wordpress.com/2014/12/24/konseptor-dan-eksekutor/
http://www.kompasiana.com/brandon.kyan24/jakarta-memilih-konseptor-atau-eksekutor_5517bf4da333119306b661f0