Monday, May 1, 2017

Antara Hacking, Defacing, Cracking dan Carding

Hacking  
Hacking adalah perbuatan menerobos security program komputer milik orang lain dengan mengutak-atik isi komputer dengan mempelajari program tertentu. Tindakan ini tidak selalu berbuat jahat namun juga ada yang dengan niat baik dengan memberitahu pemilik website mengenai kelemahan security yaitu mencari hole atau bugs pada system yang akan dimasuki dari komputer mereka. Hacker lebih fokus pada prosesnya.

Defacing 
Defacing adalah perbuatan yang tidak baik dengan mengubah laman website orang lain. Tindakan defacing termasuk kategori crime.

Cracking 
Cracking atau Blackhat Hacker atau hacker yang bertopi hitam adalah hacking untuk tujuan jahat. Cracker mengintip simpanan para nasabah dari berbagai pusat data sensitif untuk keuntungan sendiri. Cracking berorientasi pada hasil.

Carding
Carding adalah berbelanja menggunakan nomor dan identitas kartu orang lain yang diperoleh secara ilegal, misalnya dengan mencuri data di internet. Seorang carder melakukan kejahatan dengan mengintip kartu kredit milik orang lain, kejahatan jenis ini adalah cyber fraud alias penipuan di dunia maya.


Sumber :
http://klopototolia.blogspot.co.id/2010/09/pengertian-carding-hacking-cracking.html
http://theamazingjoker.blogspot.co.id/2014/03/pengertian-hacking-cracking-carding-dan.html
https://hype.idntimes.com/viral/restu-alpiansah/idnviral-telkomsel-kena-deface-apa-itu-deface-yuk-cari-tahu-apa-perbedaannya-dengan-hacking-cracking-dan-cardingc1c2