Wednesday, May 24, 2017

Ficus Elastica

Beringin Karet atau Wit Ipik

Pertama kali mengenal pohon Beringin Karet adalah saat tahun 2010 aku kerja di pabrik IDLP (Inti Duta Lestari Plasindo), pohonnya besar dan dikarenakan ada renovasi gedung yang mengharuskan memotong pohon tersebut.

Oleh karyawan disana disebutkan bahwa pohon Beringin Karet ini cukup mudah untuk menanamnya, cukup dengan cara stek, yaitu dipotong dahannya lalu ditanam di tanam. Selesai. Tanaman Beringin Karet ini bisa tumbuh sangat besar seperti pohon beringin, daunnya pun mirip pohon Beringin namun dengan versi lebih lebar dan tebal.

Enam (6) tahun kemudian tanaman ini sudah cukup besar. Tepatnya tahun 2016 akhir atau sekitar awal tahun 2017 ada proyek box culvert untuk pelebaran selokan. Proyek ini memakan korban beberapa tanaman yang aku tanam di depan rumah termasuk salah satunya adalah pohon Beringin Karet.

Sebenarnya mulai awal tanam hingga tanaman ini dipotong atau lebih tepatnya dicabut aku tidak tahu bahwa namanya adalah Beringin Karet atau Ficus Elastica. Sehingga aku dan anakku menamai pohon ini dengan Supame, yaitu kepanjangan dari Susah Payah Menunggu. Maksudnya pohon ini ditanam agar nantinya menjadi rindang untuk membuat rumah menjadi teduh, namun belum selesai menjadi rindang kemudian dipotong.

Beringin Karet Variegata (Ficus elastica) termasuk pohon hias yang tumbuh di iklim tropis. Tanaman ini bisa digunakan sebagai pohon pelindung atau pohon peneduh karena memiliki daun dan dahan yang besar. Tanaman Beringin Karet ini juga terkadang disebut dengan tanaman Karet Kebo (bahasa Jawa) atau juga disebut Rubber Fig (bahasa Inggris) dimana konon bisa tumbuh mencapai 30 meter.

Yang hampir membuat aku tidak percaya adalah ternyata tanaman ini mempunyai beberapa khasiat, dimana

Pertama adalah getah pohon yang dapat dimanfaatkan untuk bahan baku industri yang disebut karet India, karena getahnya mengandung latex.

Kemudian untuk bagian akar dari tanaman ini dapat digunakan untuk pengobatan yang dapat mengobati beberapa penyakit, misalnya rematik sendi, sakit maag, bisul. Selain itu dapat menyembuhkan penyakit yang lain yaitu :
  1. Melancarkan haid
  2. Menyehatkan lambung
  3. Anti inflamasi
  4. Menghilangkan rasa nyeri
  5. Mencegah gatal pada kulit
  6. Mengatasi penyakit stroke
  7. Mencegah hipertensi
  8. Melancarkan aliran darah
  9. Mencegah keputihan
  10. Baik untuk pencernaan
  11. Menyehatkan usus
  12. Obat pembengkakan
  13. Menyehatkan kulit



Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Karet_kebo
https://en.wikipedia.org/wiki/Ficus_elastica
https://isroi.com/2014/09/08/tanaman-kesayangan-yusuf-ficus-elastika/
http://www.taman-indah.com/2016/08/tukang-pohon-karet-kebo-jual-pohon.html
http://www.khasiat.co.id/daun/karet-kebo.html
http://jamunusantara.com/karet-kebo-ficus-elastica-roxb/