Saturday, May 27, 2017

Rukun Islam

Hari sabtu ini, tanggal 27 Mei 2017, umat muslim menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan selama 1 bulan penuh. Ibadah puasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah wajib. Selain ibadah puasa ada 5 hal yang harus ditunaikan yang disebut dengan rukun Islam.

Rukun Islam merupakan pilar-pilar agama Islam yang yang terdiri dari 5 tindakan dasar sebagai pondasi wajib bagi orang-orang beriman, yaitu sebagai berikut :
  1. Syahadat
  2. Shalat
  3. Zakat
  4. Puasa
  5. Haji

Syadahat, terdiri dari 2 kalimat yang menjadi syarat pertama untuk menjadi seorang muslim, yaitu dengan cara mengucap dengan lidah, membenarkan dengan hati dan mengamalkan melalui perbuatannya.

Sholat, seorang muslim wajib menunaikan sholat fardhu 5 waktu, yaitu dimulai dari subuh, zuhur, ashar, magrib dan diakhiri dengan isya.

Puasa, berpuasa dibulan ramadhan dengan bukan hanya menahan makan dan minum, namun juga menahan diri dari segala yang membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari.

Zakat, merupakan sesuatu yang harus dikeluarkan dengan berdasarkan qadar dan nisab tertentu dan diberikan kepada golongan orang tertentu.

Haji, dikhususkan bagi orang yang mampu agar melaksanakan ibadah haji.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Rukun_Islam
https://id.wikipedia.org/wiki/Puasa_Ramadhan
http://www.akidahislam.com/2016/09/5-rukun-islam-lengkap-dengan-penjelasan.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts