Wednesday, May 24, 2017

Antara SUV dan MPV

SUV, MPV, City Car, dan Hatchback
Saat membeli mobil kita akan dihadapkan antara memilih jenis kendaraan SUV atau MPV. Sebenarnya bukan hanya 2 jenis itu saja, karena masih ada yaitu jenis City Car, dan Hatchback. Apa definisnya dan apa saja bedanya?


MPV 
Multi Purpose Vehicle
Contoh : Xenia, Avanza, Mobilio, Ertiga.

Mobil MPV cenderung memiliki klasifikasi "mini-bus" (bus kecil) dan menjadi primadona di Indonesia karena dapat mengangkut banyak penumpang dengan kapasitas tujuh tempat duduk, sehingga disebut pula dengan mobil keluarga, hal ini ditandai juga dengan terdapat banyak tempat untuk meletakkan barang-barang kecil. Selain untuk menampung banyak orang mobil ini juga dapat digunakan untuk membawa barang dengan cara melipat jok belakang bahkan jok tengah.


SUV 
Sport Utility Vehicle
Contoh : Terios, Rush, Fortuner, Pajero.

Mobil SUV merupakan gabungan antara Jeep, pikap dan sedan yang didesain dengan ground clearance (jarak bodi mobil ke tanah) yang tinggi, ditambah suspensi yang kokoh, ukuran ban dan bodinya pun besar, serta memiliki mesin yang bertenaga besar. Biasanya SUV dilengkapi dengan penggerak 4 roda (4x4).  Sehingga mobil SUV tidak hanya dapat digunakan on-rod tapi juga bisa untuk digunakan di medan off-road. Mobil ini dapat menampung penumpang sebanyak tujuh hingga delapan orang.


City Car
Contoh : Sirion, Brio, Kia Morning sebagainya.

Mobil dengan jenis city car hanya cocok untuk digunakan di dalam kota, hal ini dikarenakan mobil kecil sehingga mobil dapat bergerak lincah dalam kondisi lalu lintas yang macet. Disamping itu mobil kategori ini tergolong irit bahan bakar. Mobil city car kurang cocok untuk dibawa perjalanan jauh karena tidak didesain untuk itu, sehingga penumpang biasanya akan terasa pegal, selain itu mesin akan terasa cepat panas.


Hatchback
Contoh : Swift, Yaris, Jazz, Fiesta.

Mobil hatchback pada dasarnya adalah sedan tapi tanpa ekor atau buntut yang bertujuan untuk memperingkas desain. Sehingga mobil jenis ini memiliki bagasi yang minim. Hatchback adalah bentuk mobil penumpang 2-Box berbasis sedan, dengan bagian belakangnya lebih pendek dan pintu bagasi yang menyatu dengan kaca belakang. Mobil Hatchback juga dapat digolongkan sebagai kategori City car atau mobil mini.


Selain dapat digolongkan secara umum menjadi 4 kategori, mobil secara khusus juga dapat digolongkan lagi lebih detail sebagai berikut :


1 Mobil mikro

2 Hatchback, sedan, dan station wagon
    2.1 Mobil kota
    2.2 Mobil supermini/subkompak/hatchback
    2.3 Mobil keluarga kecil/mobil kompak
    2.4 Mobil keluarga besar/Mobil mid-size
    2.5 Mobil full-size/mobil besar
    2.6 Mobil kompak eksekutif/Mobil mewah entry-level (level pemula)
    2.7 Mobil eksekutif/Mobil mid-luxury
    2.8 Mobil mewah full-size/Grand saloon

3 Mobil sport dan grand tourer
    3.1 Hot hatch
    3.2 Sedan Sport
    3.3 Mobil sport
    3.4 Grand tourer
    3.5 Mobil super
    3.6 Mobil muscle
    3.7 Mobil pony

4 Konvertibel
5 Mobil Off-road
    5.1 Sport utility vehicle
    5.2 Crossover SUV


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Mobil_MPV
https://id.wikipedia.org/wiki/Mobil_SUV
https://id.wikipedia.org/wiki/Hatchback
https://id.wikipedia.org/wiki/Klasifikasi_mobil
http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/877198-apa-bedanya-mobil-suv-mpv-city-car-dan-hatchback