Tuesday, May 2, 2017

Medical Check Up

Medical Check Up (MCU) adalah pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Medical check-up merupakan langkah antisipasi yang efektif dalam mendeteksi risiko keberadaan penyakit di dalam tubuh. Lakukanlah secara rutin untuk mencegah perkembangan tingkat penyakit yang lebih parah di masa depan.


Berikut adalah hasil MCU yang dilakukan pagi ini

GDA : 99
Target atau standart dari gula darah acak adalah
normal < 200 mg/dL

Kolesterol : 213
Target atau standart dari kolesterol total adalah
Normal : <200 mg/dL
Ambang batas : 200 - 239 mg/dL
Tinggi : > 240 mg/dL

Asam urat : 5.3
Target atau standart dari asam urat adalah
laki-laki < 7 mg/dL

Tekanan darah : 111 / 78
Target atau standart dari tekanan darah normal adalah
Usia > 60 tahun : sistolik < 150 dan diastolik < 90 mmHg
Usia < 60 tahun : sistolik < 140 dan diastolik < 90 mmHg

SpO2 : 99%
Kadar oksigen dalam darah

Nadi : 74x


Dan berikut adalah penjelasan dari apa yang dicek diatas :

Gula Darah
Bagi yang berusia 45 tahun keatas sebaiknya dilakukan pemeriksaan rutin. Terlebih jika kita mengalami gejala seperti berat badan menurun drastis tanpa sebab yang jelas, sering merasa haus dan lapar, kesemutan pada tangan atau kaki, serta sering buang air kecil.

Kolesterol
Kolesterol pada dasarnya adalah jenis lemak yang dibutuhkan tubuh, namun jumlah yang berlebihan dapat menyumbat pembuluh darah dan memicu penyakit jantung serta stroke. Bagi orang dengan kondisi kesehatan yang normal, tes dapat dilakukan tiap 5 tahun, dimulai dari usia 35 tahun.

Asam Urat
Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kemungkinan gout. Jika kadar asam urat Anda tinggi, tetapi tidak ada keluhan gout, Anda mungkin tidak memerlukan pengobatan. Sebaliknya, jika kadar asam urat normal tetapi mengalami gejala gout, berarti asam urat sudah mengkristal dan memerlukan pengobatan. Gout merupakan peradangan pada sendi akibat tingginya kadar asam urat. Umumnya gout dialami orang-orang lanjut usia.

Tekanan Darah
Tekanan sistolik adalah tingkat tekanan ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Tekanan diastolik adalah tingkat tekanan saat jantung beristirahat sejenak sebelum kembali memompa lagi. Tekanan darah di atas angka normal berarti hipertensi (tekanan darah tinggi). Namun jangan pula terlalu rendah karena bisa membuat Anda terkena hipotensi atau tekanan darah rendah. Tekanan darah normal bisa naik atau turun tergantung aktivitas fisik yang Anda jalani dan kondisi emosional Anda.

Saturation of Peripheral Oxygen (SpO2)
SpO2 (Saturation of Peripheral Oxygen) atau saturasi Oksigen adalah ukuran seberapa banyak persentase oksigen yang mampu dibawa oleh hemoglobin. Hemoglobin merupakan molekul protein didalam darah yang dapat mengikat oksigen. Salah satu indikator yang sangat penting dalam supply oksigen didalam tubuh adalah Oksigen saturasi (SpO2).
Darah memerlukan oksigen untuk dapat berfungsi dengan baik. Kekurangan oksigen dalam darah bisa membuat tubuh mengalami masalah serius. Selain olahraga dan transfusi darah, nutrisi tertentu juga bisa meningkatkan oksigen dalam darah. Salah satu indikator yang sangat penting dalam supply oksigen didalam tubuh adalah saturasi oksigen (SpO2).

Nadi 
Denyut nadi adalah berapa kali arteri (pembuluh darah bersih) mengembang dan berkontraksi dalam satu menit sebagai respon terhadap detak jantung. Jumlah denyut nadi sama dengan detak jantung. Ini karena kontraksi jantung menyebabkan peningkatan tekanan darah dan denyut nadi di arteri. Mengukur denyut nadi sama artinya dengan mengukur denyut jantung.
Jumlah denyut nadi seseorang bisa berbeda dari orang lain. Denyut nadi yang rendah biasanya terjadi jika kita sedang beristirahat. Semakin sehat seseorang, semakin rendah denyut nadinya. Namun banyak para dokter yang beranggapan jika standar denyut nadi normal tersebut harus diubah menjadi 50-70 kali per menit. Ada penelitian yang mengungkapkan jika denyut nadi seseorang saat istirahat lebih dari 76 kali per menit, risiko ia terkena serangan jantung menjadi semakin tinggi. Walaupun denyut ini dianggap normal oleh standar yang digunakan sekarang.


Sumber :
http://www.alodokter.com/untuk-apa-melakukan-medical-check-up
http://www.alodokter.com/informasi-seputar-kadar-asam-urat-normal
https://www.scribd.com/doc/188132188/SPO2-referat
https://www.linkedin.com/pulse/manfaat-medical-check-up-bagi-karyawan-dan-perusahaan-andreas-gunawan