Friday, April 6, 2018

A Quiet Place

Ini merupakan film paling unik yang pernah aku tonton. Hampir 80% dari keseluruhan film tanpa dialog. A Quiet Place adalah film thriller yang malah ga bikin teriak, tapi kita malah justru ikutan terdiam dengan tegang sejak awal.


Film A Quiet Place bercerita tentang kisah sepasang suami istri yang tinggal di sebuah tempat terpencil bersama anak-anaknya. Mereka harus hidup dalam suasana yang sunyi dan harus menjaga ketenangan karena terdapat suara, maka akan muncul monster yang bukan hanya memburu namun juga akan memangsa mereka.

Sehingga untuk berkomunikasi mereka menggunakan bahasa isyarat. Dan kebetulan Regan, sang anak pertama adalah tuna rungu, yang oleh ayahnya dibuatkan alat bantu pendengaran. Meskipun beberapa kali masih belum berhasil dengan baik.

Monster yang dihadapi adalah monster buta dengan pendengaran luar biasa tajam. Jadi di kepala tidak terdapat mata, namun hanya ada gigi dan telinga yang mirip insang.

Di awal film diceritakan saat itu adalah hari yang ke-89, mereka sedang mengambil persediaan barang di supermarket, Beau si anak bungsu membawa pulang mainan roket. Lee, ayahnya melarang karena mainan tersebut bisa menghasilkan suara.

Saat berjalan agar langkah kaki tidak terlalu berisik mereka menaburi seluruh jalur yang biasa dilalui sehari-hari dengan pasir.

Regan sang kakak tertua diam-diam membiarkan Beau membawa pulang mainan tersebut. Saat perjalanan pulang, Beau menyalakan mainan itu, sehingga keluar bunyi berisik dan dalam hitungan detik monster muncul dari balik hutan dan memangsa Beau.

Kemudian film loncat ke hari 400-an.

Lee mengajak Marcus, anak kedua, ke sungai untuk belajar menangkap ikan. Sedangkan sang ibu menginjak sebuah paku saat mau turun ke ruang bawah tanah. Dan disaat itu pula, ketuban sang ibu pecah, tanda akan melahirkan.

Segera sang ibu menyalakan sistem perlampuan di sekitar rumah dari sebelumnya berwarna kuning menjadi merah, tanda sebagai alarm ada serangan monster datang. Segala cara keluarga tersebut berusaha menyelamatkan diri.

Mulai dari menyalakan kembang api besar yang meledak dalam waktu lama sehingga bisa mengalihkan perhatian monster. Namun ternyata senjata yang mujarab adalah alat bantu pendengaran buatan ayah mereka yang paling terakhir, karena dalam frekuensi tertentu bunyi yang dihasilkan membuat monster tersebut bergetar dan tak berkutik.

Selanjutnya, tonton sendiri deh biar seru.


Sumber :
https://mydirtsheet.com/2018/04/04/a-quiet-place-review/
http://hai.grid.id/Feature/Movie/Ulasan-Film-A-Quiet-Place-Film-Sepi-Yang-Bikin-Bioskop-Penuh-Teriakan?page=all