Tuesday, May 5, 2020

Didi Kempot


Terlahir dengan nama Dionisius Prasetyo, akan banyak orang yang awam dengan nama tersebut. Namun begitu mendengar nama panggung beliau, Didi Kempot, hampir seluruh masyrakat akan langsung mengenal dan mengenang lagu-lagu beliau.

Nama panggung Didi Kempot tersebut merupakan singkatan dari Kelompok Pengamen Trotoar, yaitu grup musik asal Surakarta.

Ayah Didi Kempot adalah Ranto Edi Gudel atau Mbah Ranto, yang merupakan seorang pelawak. Kakak Didi Kempot adalah Mamiek Prakoso, merupakan pelawak tersohor di grup lawak Srimulat.

Hari ini Rabu, tanggal 05 Mei 2020, bangsa Indonesia kembali kehilangan maestro musik, karena Didi Kempot meninggal dunia di kota Solo, di usia 53 tahun. Rasanya air mata ini masih belum kering, pada tanggal 02 Mei 2020, Erwin Dewa 19 meninggal dunia. Sebelumnya juga pada tanggal 08 April 2020, Glenn Fredly juga telah meninggal dunia.

Lord Didi dan The Godfather of Broken Heart, adalah julukan dari Didi Kempot, karena melalui lantunan lagu campursari mampu mengoyak hati para fans fanatik yang tergabung dalam sadboy, sadgirl, dan sobat ambyar.

Hal ini dikarenakan sebagian besar lagu hits yang ditulis dan dinyanyikan Didi Kempot bertemakan kesedihan, patah hati dan kehilangan sang kekasih. Mulai dari hits pertama, yaitu lagu "Cidro" yang diangkat dari kisah asmara Didi yang pernah gagal, karena tidak disetujui oleh orang tua wanita tersebut.

Pada awal era reformasi, Didi Kempot berhasil membuat lagu yang cukup fenomenal dan terkenal, yaitu yang berjudul "Stasiun Balapan". Setidaknya Didi Kempot telah menulis sekitar 700 lebih judul lagu. Diantaranya adalah :

"Ambyar"
"Bojo Loro"
"Sekonyong konyong Koder"
"Cucakrowo"
"Gethuk"
"Pamer Bojo"
"Stasiun Balapan"
"Sewu Kuto"
"Wes Ewes Ewes"

Salah satu lagu diatas, yaitu Pamer Bojo, cukup sukses dinyanyikan oleh Tiara Andini, Sang Runner Up, saat berkompetisi di Indonesia Idol tepatnya saat SPEKTA SHOW TOP 8, pada tanggal 13 Januari 2020. Sampai hari ini total view di youtube-nya adalah 26,425,055 views.

Berikut beberapa liputan Didi Kempot di acara talkshow & acara musik lainnya:
Rosi, 01 Agustus 2019 : https://www.youtube.com/watch?v=bDBhI4SmMTs
Ini Baru Empat Mata, 26 Agustus 2019 : https://www.youtube.com/watch?v=2403FKzzF-M
Jazz Gunung Bromo 2019, 26 November 2019 : https://www.youtube.com/watch?v=T6SksWMWd_4
Kick Andy, 20 Desember 2019 : https://youtu.be/lQ2PTIF8wC0


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Didi_Kempot
https://www.merdeka.com/sumut/mengenang-perjalanan-spiritual-didi-kempot-dari-mualaf-hingga-belajar-mengaji.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts