Wednesday, May 13, 2020

Broken Arrow


Mayor Vic "Deak" Deakins dan Kapten Riley Hale, pilot di Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF), ditugaskan untuk latihan rahasia menerbangkan pembom siluman dengan dua bom nuklir B83 di atas Amerika Serikat bagian barat. Setelah berhasil menghindari radar Angkatan Udara, Deakins tiba-tiba menyerang Hale dan mengeluarkannya dari pesawat. Deakins melepaskan bom-bom itu tanpa mengaktifkannya, lalu melaporkan bahwa Hale menjadi nakal. Dia keluar dari pesawat, membiarkannya jatuh.

Sebuah tim USAF yang dipimpin oleh Kepala Master Sersan Rhodes dikirim untuk menemukan hulu ledak yang hilang, dinyatakan sebagai situasi "Patah Panah". Tim pencari akhirnya menempatkan hulu ledak di sebuah ngarai, tetapi disergap oleh tentara bayaran.

Rhodes mencoba untuk menonaktifkan hulu ledak tetapi dibunuh oleh satu-satunya yang selamat dari tim pencari lainnya, Sersan Kelly, yang bertugas sebagai tikus tanah untuk Deakins. Deakins tiba dan merencanakan langkah selanjutnya dengan Pritchett, pemodal tentara bayaran. Mereka berencana untuk memeras pemerintah AS dengan ancaman meledakkan hulu ledak di daerah berpenduduk.

Hale, yang selamat dari pengusiran itu, ditangkap oleh penjaga taman Terry Carmichael, yang telah menyelidiki kejadian-kejadian tidak biasa di taman itu. Dia malah meyakinkannya untuk membantunya melacak Deakins. Tentara bayaran Deakins menyita helikopter pencarian dan penyelamatan USAF untuk membunuh Hale, tetapi Hale dan Terry berhasil menurunkannya. Hilangnya helikopter memaksa pasukan Deakins untuk melanjutkan di Humvee.

Hale dan Terry membajak Humvee dengan hulu ledak, melarikan diri ke tambang tembaga yang ditinggalkan di dekatnya, di mana Hale mulai menonaktifkan satu, hanya untuk Deakins untuk mengungkapkan (melalui radio) bahwa ia telah memprogramnya sehingga upaya Hale untuk melucuti senjata itu akan menyebabkan bom mengaktifkan.

Hale dan Terry membawa hulu ledak bersenjata ke poros, di mana tambang cukup dalam untuk menahan ledakan nuklir. Sebelum mereka dapat menjatuhkan hulu ledak kedua, tim Deakins tiba dan mengamankannya. Setelah pertempuran senjata di dalam ranjau, Deakins memperpendek hitungan mundur hulu ledak bersenjata sambil meninggalkan Hale dan Terry terperangkap. Dia kemudian menghancurkan tombol sehingga tidak ada yang bisa menghentikan perangkat.

Mereka melarikan diri melalui sungai bawah tanah tepat sebelum bom meledak. Pulsa elektromagnetik nuklir bom menonaktifkan helikopter SARANG yang mendekat, memungkinkan Deakins untuk melarikan diri. Deakins kemudian membunuh Pritchett, karena sudah bosan dengan keluhannya dan karena menyimpang dari rencana misi. Terry dan Hale melacak tentara bayaran ke perahu motor yang digunakan untuk mengangkut hulu ledak di sungai. Saat mencoba mencuri kapal, Terry terpaksa bersembunyi di kapal, sementara pasukan militer menyelamatkan Hale.

Hale menyimpulkan bahwa Deakins bermaksud menggunakan kereta api untuk mengangkut hulu ledak. Kolonel Max Wilkins memutuskan untuk tidak mematuhi perintah untuk membantu Hale. Sambil menyimpan di kereta, Terry mencoba untuk menyabot hulu ledak tetapi ditangkap oleh Deakins, yang mempersenjatai bom. Mengejar helikopter USAF, Hale menyelamatkan Terry sebelum Deakins bisa melemparkannya keluar dari kereta. Baku tembak terjadi, melukai Wilkins dan menyebabkan helikopter jatuh, dan sebagian besar tentara bayaran tewas setelahnya.

Deakins telah menyiapkan remote control yang dapat melucuti atau meledakkan hulu ledak dan bersiap-siap untuk meninggalkan kereta dengan helikopternya sendiri. Sabotase Hale dari pompa bahan bakar helikopter menyebabkannya meledak, meninggalkan Deakins dan Kelly terdampar dengan bom berdetak.

Dengan rencananya berantakan, Deakins memutuskan untuk mempersingkat penghitung waktu mundur karena dendam. Kelly menolak untuk mati, dan mengancam Deakins untuk melucuti senjata dengan todongan senjata. Hale menyelinap pada mereka selama pertengkaran mereka dan menendang Kelly keluar dari gerbong sampai mati, kemudian terlibat dalam pertempuran senjata dengan Deakins.

Terry melepaskan bagian dari kereta yang berisi bom tetapi masuk ke baku tembak dengan insinyur. Yang terakhir ditembak dan jatuh di rem kereta, memungkinkan gerbong-gerbong yang terpisah untuk mengejar ketinggalan, dengan kecepatan yang semakin tinggi. Deakins masih memiliki detonator jarak jauh, jadi dia memaksa Hale untuk menjatuhkan senjatanya dan menantangnya untuk bertarung.

Hale akhirnya mengalahkan Deakins, mendapatkan detonator jarak jauh, melucuti hulu ledak dan melompat keluar dari kereta. Ketika gerbong yang terlepas terlepas ke bagian depan yang terhenti, hulu ledak terbang melalui Deakins, membunuhnya, sementara seluruh kereta tergelincir dan meledak.

Hale menemukan Terry dan hulu ledak yang tidak aktif. Keduanya secara resmi memperkenalkan diri satu sama lain di tengah reruntuhan.


Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Broken_Arrow_(1996_film)

No comments:

Post a Comment

Related Posts