Saturday, May 30, 2020

Zoom Versi 5.0

Sore ini baca artikel yang berjudul "Update Aplikasi Zoom Sekarang atau Tak Bisa Pakai". Wah, harus dibaca dan harus segera di-action nih. Karena banyak sekali kegiatan yang menggunakan aplikasi Zoom.

Zoom digunakan mulai dari sekolah anak-anak, meeting dengan rekan kerja, meeting dengan teman-teman satu organisasi hingga ngobrol online dengan teman-teman sekolah dan teman kampus dulu.

Isi artikel tadi adalah bahwa jika kita tidak install aplikasi Zoom ke versi terbaru, maka kita tidak akan bisa dipakai mulai 30 Juni 2020. Karena mulai besok saat meeting online harus menggunakan aplikasi Zoom versi 5.0 atau lebih tinggi.


Zoom versi 5.0 menggunakan fitur keamanan encryption protokol baru Galois/Counter Mode (GCM), yaitu algoritma untuk enkripsi data terotentikasi yang memberikan jaminan keaslian data rahasia, sehingga dapat meningkatkan lapisan perlindungan untuk data pengguna dan ketahanan terhadap gangguan.

Hal ini akan membuat hacker akan semakin sullit dan membutuhkan waktu lama untuk meretas rapat online. Hal ini menjawab kegundahan beberapa orang karena problem keamanan Zoom, salah satunya adalah Zoombombing.

Segara aku cek versi Zoom yang ada di laptop atau desktop. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Klik kanan atas (gambar foto)
  • Klik kiri, "Check for Update"
Ternyata Zoom punyaku masih Release notes of 5.0.3 (24951.0515). Cukup sih sebenarnya, namun ada versi terbarunya.

Segera aku klik tombol Update yang ada. Setelah terupdate, aku coba cek lagi, dan sekarang muncul tulisan yang berbeda, yaitu :
You are up to date (You are on the latest version 5.0.4 (25694.0524)
Mantap.


Sumber :
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200529171501-37-161910/update-aplikasi-zoom-sekarang-atau-tak-bisa-pakai

No comments:

Post a Comment

Related Posts