Monday, January 31, 2022

Suara Klakson Nyaris tidak Terdengar

Kejadian Bunyi Klakson Cukup Kecil di awal bulan Januari 2022 lalu terulang kembali. Bahkan kali ini suaranya nyaris tidak terdengar sama sekali. Sehingga mumpung hari ini libur aku ke bengkel untuk memperbaikinya kembali.

Harus segera, karena klakson mobil merupakan elemen penting dari sebuah kendaraan.

Mengapa penting?

Hal ini dikarenakan fungsi dari klakson adalah sebagai alat komunikasi, antara pengemudi dan pengguna jalan lain. Misalnya klakson dibunyikan saat memperingati pengendara yang kurang tertib. Fungsi lainnya untuk 'menyadarkan' pengendara lain yang diprediksi akan atau dapat menyebabkan kecelakaan.

Fungsi klakson lainnya adalah untuk memberitahu jika ada kendaraan yang akan datang saat berada di persimpangan, mengingatkan potensi bahaya atau memberi kode saat ingin mendahului. Ada juga fungsi klakson yang cukup unik, yaitu suara klakson sebagai bentuk sapaan pengemudi di jalan.

Agar suara klakson tidak mengganggu orang lain, maka membunyikan klakson memerlukan etika agar suara klakson tidak mengganggu pengendara lain. Misal untuk penggunaan klakson saat akan menyalip kendaraan lain adalah cukup dengan membunyikan klakson sekali atau dua kali dengan durasi pendek. Bunyi klakson rendah dan durasi pendek juga dapat dibunyikan sebagai ucapan terima kasih antar pengemudi ketika sudah diberi jalan oleh pengemudi lainnya.

Bunyi klakson sebagai pemberi peringatan pengguna jalan lain dengan membunyikan klakson saat melewati jalur pegunungan yang berliku atau jarak pandang terbatas adalah dengan cara membunyikan klakson agak panjang dua kali, biasanya kendaraan dari arah berlawanan akan membalas klakson.

Adalah hal yang kurang baik membunyikan klakson saat lampu lalu lintas sudah berubah menjadi hijau yang dimaksudkan agar pengendara di depan segera jalan. Secara etika itu tidak baik dan tidak santun. Sebaiknya gunakan klakson singkat apabila kendaraan di depan Anda tidak kunjung maju padahal lampu sudah hijau cukup lama.

Akhirnya pukul 09.00 aku sampai di bengkel. Sesampai di bengkel, teknisi kendaraan yang memeriksa mulai dengan membuka kap mesin. Lalu lepaskan konektor kabel. Bersihkan komponen lalu pasangkan kembali. Kemudian berikutnya memeriksa kotak sekring. Sekring dilepas dengan pinset atau tang ujung runcing. Bersihkan, periksa atau ganti sekring jika rusak. 


Sumber :

https://id.wikihow.com/Memperbaiki-Klakson-Mobil-Yang-Rusak

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210201153320-384-600908/fungsi-aturan-dan-etika-klakson-di-indonesia.

No comments:

Post a Comment

Related Posts