Wednesday, January 5, 2022

Bunyi Klakson Cukup Kecil

Tanggal 7 Januari 2022 kita sekeluarga ada rencana melakukan Perjalanan ke Pekalongan. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan secara menyeluruh. Kebetulan bulan Desember 2021 lalu aku sudah melakukan Service Radiator sekaligus mengganti Tutup Radiator.

Dan di bulan November 2021 sebelumnya juga sudah melakukan Tune Up Mobil dan Service AC mobil.

Tinggal beberapa hal kecil lain yang kurang, yaitu mulai dari cek air aki, periksa dan isi tekanan angin pada ban serta yang terakhir adalah cek sekaligus service ringan klakson. Karena beberapa hari terakhir bunyi klakson cukup kecil.

Meski terkesan sepele, namun masalah klakson tidak mau berbunyi dapat menimbulkan rasa was-was. Ada beberapa penyebab klakson mobil mati, yaitu diantaranya adalah:

  • Kabel klakson, yaitu dikarenakan kabel yang mengalami korsleting putus, berjamur, dan berkarat. 
  • Switch klakson rusak, switch ini merupakan komponen yang terletak pada tombol klakson dan terhubung dengan setir kendaraan. 
  • Relay klakson sudah usang, karena relay kotor, usang, ataupun terkena air. Relay ini berfungsi sebagai penghubung antara arus listrik mobil dengan baterai. ​​​
  • Sekring putus, sebagai fungsi pengaman rangkaian listrik agar tidak kelebihan muatan, jika satu saja kabel putus, maka seluruh sistem kelistrikan akan ikut bermasalah. ​​​​​​​​
  • Saklar berkarat, biasanya diakibatkan oleh kotoran yang menumpuk di dalamnya, karat pada lempengan tembaga saklar, ataupun masalah pada sistem kelistrikan lainnya. 


Sumber :

https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/penyebab-klakson-mobil-mati#

No comments:

Post a Comment

Related Posts