Monday, September 7, 2015

Bloomberg


Bloomberg tv adalah saluran informasi dan berita mengenai bisnis dan finansial sehingga mempermudahkan pencarian info seputar keuangan. Saham Bloomberg dipegang oleh Bloomberg L.P..

Bloomberg L.P. adalah perusahaan media layanan berita global, termasuk televisi, radio, internet dan publikasi dicetak di Amerika Serikat yang berdiri sejak 1981 oleh Michael Bloomberg dengan bantuan Thomas Secunda, Duncan MacMillan, dan Charles Zegar.

Michael Rubens Bloomberg lahir pada tanggal 14 Februari 1942 adalah multi-miliarder dan konglomerat Yahudi dengan leluhur Yahudi-Rusia. Michael Bloomberg masuk urutan ke 10 orang terkaya di Amerika dengan total asset USD 36,5 Billion atau setara dengan Rp. 400 triliun.

Michael Bloomberg merupakan wali kota di New York City dari 2002 sampai 2014. Dia awalnya merupakan politikus Partai Demokrat namun kemudian pindah haluan ke Partai Republikan pada tahun 2001. Pada tahun 2007 Michael Bloomberg meninggalkan Partai Republikan sebagai calon independen.

Lalu bagaimana perjalanan Michael Rubens Bloomberg dari awal hingga menuju tangga kesuksesan? Berikut lika-liku Michael Bloomberg saat berusia 22 hingga berusia 73 tahun.

Awal perjalanan Michael Bloomberg dimulai pada 1964 saat ia pergi ke Johns Hopkins University untuk mempelajari BS di Teknik Elektro, lalu pada 1966 ia belajar dan meraih gelar Master of Business Administration di Universitas Harvard.

Lalu Bloomberg menjadi ahli di Salomon Brothers. Tugas Bloomberg mengawasi perdagangan saham Salomon, penjualan dan sistem informasi. Pada tahun 1981, ia dipecat. Dia menerima payout US$ 10 juta sebagai pesangon. Sejak itu Michael Bloomberg mendirikan Bloomber L.P. (Limited Partnership) yang bertempat di Bloomberg Tower (One Beacon Court), Midtown Manhattan, New York City yaitu perusahaan layanan perangkat lunak finansial dan data keuangan dan perusahaan komunikasi dan menjualnya kepada perusahaan-perusahaan Wall Street dan sekarang memiliki lebih dari 165.000 hingga saat ini mencapai 315.000 pelanggan di seluruh dunia. Tahun 2011, tercatat perusahaan ini mempekerjakan sekitar 15.000 pegawai di 192 lokasi seluruh dunia.

Layanan Bloomberg L.P. meliputi :
  • Bloomberg terminal atau Bloomberg Profesional Service
  • Bloomberg News
  • Bloomberg Television
  • Radio WBBR, 
  • Situs internet, 
  • Surat kabar Bloomberg Businessweek serta Bloomberg Market. 

Tahun 2009, pendapatan Bloomberg L.P. mencapai 1/3 dari pendapatan pasar finansial global yaitu sekitar US$16 triliun. Mereka juga memperoleh pendapatan sebesar US$ 7 triliun yang 85%nya berasal dari penjualan perangkat lunak.

Tahun 2010 pangsa pasar Bloomberg L.P. naik sekitar 30,3% jika dibandingkan dengan tahun 2005 yaitu 25,1%.

Pada 2001, Michael Bloomberg menjadi walikota New York menggantikan Rudy Giuliani. Bloomberg menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina untuk Johns Hopkins University sampai Mei 2002 dan merasa terhormat ketika School of Hygiene dan Kesehatan Masyarakat  dinamai "The Bloomberg School of Public Health" penghargaan untuk kepemimpinan dan penggunaan filantropi untuk meningkatkan kondisi manusia.

Michael Bloomberg  juga dikenal sebagai penyokong liberalisme pasar dan demokratisasi dengan memberikan dukungan pendanaan bagi banyak LSM yang pro dengan program yahudi dalam membangun peradaban baru, kabarnya salah satu LSM yang mendapatkan dukungan itu adalah Indonesian Corruption Watch (ICW).


Yang patut dicatat dalam perjalanan Michael Bloomberg adalah sebagai berikut :
  1. Di awal karirnya Michael sempat dipecat. Setelah dipecat, Michael mendirikan perusahaan sendiri, yaitu Bloomberg, karena dia tidak menerima tawaran kerja.
  2. Perusahaan buatan Michael tidak berhasil menjual produknya selama 3 tahun pertama.
  3. Pembeli pertama Bloomberg adalah perusahaan finansial Merrill Lynch. Transaksi ini bisa terjadi karena Michael sebelumnya sudah kenal pegawai Merrill Lynch, karena dia sering membawakan mereka kopi dan teh. 
  4. Hari Sabtu Michael tetap bekerja, membangun hardware yang kelak akan dijual perusahaannya.
  5. Dia orang ke-12 terkaya di AS

Sumber artikel :
https://id.wikipedia.org/wiki/Bloomberg_Television
https://id.wikipedia.org/wiki/Bloomberg_L.P.
http://tampanabadi.net/bloomberg-pusat-informasi-bisnis-dan-finansial.html
http://www.xl.co.id/id/yang-baru/artikel/mengenal-bloomberg-sang-raja-media-perbankan
https://id.crowdvoice.com/posts/kisah-menarik-di-balik-sukses-michael-bloomberg-23iB
https://id.wikipedia.org/wiki/Michael_Bloomberg
http://entrepreneur.bisnis.com/read/20130714/88/150586/kisah-sukses-michael-rubens-bloomberg

Sumber foto :
lucenaresearch.com