Tuesday, September 8, 2015

Motivasi

Saat motivasi bertemu dengan visi

jalan menuju sukses

Orang yang sukses baik di dunia kerja maupun di dunia enterpreneurship tidak hanya dikarenakan faktor dari visi dari perusahaan yang menaungi dia kerja. Tapi juga dikarenakan faktor lain yang menjadi pendorong sekaligus menjadi sumber energi sehingga seseorang bisa maju dan sukses. faktor tersebut adalah motivasi.

Motivasi ini ibarat mobil, jika tidak ada sumber energi berupa bensin, maka niscaya mobil tersebut akan melambat dan berhenti. Untuk dapat menjalankannya perlu asupan sumber energi, baik berupa premium, pertalite maupun pertamax,

Motivasi ada kalanya naik turun, hal tersebut adalah wajar dan normal bagi manusia. Yang terpenting motivasi tetap dijaga dalam batas tertentu sehingga tidak keluar masuk atau On / Off.

Lalu apa itu motivasi?

Definisi dari motivasi secara teori adalah sebagai berikut. Motivasi adalah dorongan internal dan eksternal dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya;
1. Hasrat dan minat,
2. Dorongan dan kebutuhan,
3. Harapan dan cita-cita,
4. Penghargaan dan penghormatan.
(Hamzah B Uno, 2007)


Mark Zuckerberg & Facebook

Hasrat dan minat Mark Zuckerberg pada komputer dan bahasa pemrograman sudah terlihat dari kecil, berikut adalah hasil karya dari sang pendiri Facebook.

  1. Umur 12 tahun, membuat program messaging untuk ayahnya guna memudahkan keperluan pasien dalam berkomunikasi tanpa pengeras suara.
  2. Umur 15 tahun, bersama temannya Kristopher Tillery, membuat website yang digunakan oleh siswa Exeter untuk membeli snack secara online.
  3. Umur 16 tahun, bersama temannya Adam D’Anelo membuat Synapse, yaitu plug-in untuk program MP3 Winamp yang dibeli oleh ke AOL dan Microsoft.
  4. Umur 18 tahun, membuat situs coursematch.com sehingga mahasiswa dapat menulis mata kuliah yang diambilnya dan mahasiswa tersebut dapat melihat siapa saja yang mengambil mata kuliah yang sama.
  5. Umur 19 tahun, membuat website facemash.com untuk membandingkan cewek satu dengan yang lainnya.
  6. Umur 20 tahun , akhirnya membuat website thefacebook.com yang akhirnya dikenal sekarang dengan facebook.com


Rangga Umara dan Pecel Lele Lela

Rangga Umara awalnya adalah karyawan dengan posisi manajer di perusahaan swasta. Perusahaan tempat kerjanya tidak sehat dan PHK hanyalah menunggu giliran. Karena faktor dorongan dan kebutuhan Rangga lalu mulai merintis bisnis sendiri. 

Rangga mulai membuka warung seafood kaki lima dengan diferensiasi tempat dibuat unik. Sampai tiga bulan pertama, warung seafood-nya masih sepi pengunjung. Lalu Rangga memutuskan untuk berjualan pecel lele, makanan favorit saat kuliah dengan inovasi memperbaiki bentuk lele sebagai makanan yang tidak menarik dengan dibaluri tepung dan telur, muncul menu utama, yaitu lele goreng tepung, lele filet kremes, dan lele saus padang.

Lalu Rangga membangun pondasi usahanya dengan membuat SPO, sebagai usaha untuk mengontrol kualitas makanan agar rasanya tidak berubah-ubah dan pelayanannya pun mempunyai diferensiasi trersendiri. Pada 2009 Rangga mulai mewaralabakan Pecel Lele Lela. Waralaba Pecel Lele Lela berdampak positif untuk pengembangan usaha. 


Andy Flores Noya & Kick Andy

Wartawan menjadi harapan dan cita-cita Andy Flores Noya sejak ia masih terbilang kecil. Lulus dari SMK, Andy melanjutkan kuliah di Sekolah Tinggi Publisistik. Semasa kuliah, Andy terjun menjadi wartawan. Tahun 1985, Andy menjadi reporter majalah Tempo. Tahun 1986, ia berhenti kuliah dan berkarir penuh sebagai wartawan. Tahun 1987, Andy bergabung di harian Bisnis Indonesia sebagai reporter harian ekonomi.  Tahun 1988, Andy melompat ke majalah Matra. Lalu Andy loncat ke koran Media Indonesia (MI). 

Tahun 1999, RCTI Andy diutus untuk memimpin Seputar Indonesia sekaligus memuluskan proses transisi ke RCTI. Tahun 2000, Andy kembali memimpin Metro TV sebagai pemimpin redaksi. Tahun 2003 Andy ditarik kembali ke Media Indonesia dan menjadi pemimpin redaksi.

Tahun 2006, saat pemimpin redaksi Metro TV Don Bosco mengundurkan diri, Andy Noya, diminta menjadi pemimpin redaksi Metro TV. Ia pun dipercaya menjadi host salah satu acara yang judulnya diambil sendiri dari namanya, yaitu Kick Andy, sebuah acara talk show yang disiarkan oleh Metro TV dan tayang setiap Jum'at malam.


Usain Bolt Pelari Tercepat Sedunia

Usain Bolt adalah pelari Jamaika, yang semasa hidupnya didedikasikan latihan demi latihan untuk meraih penghargaan dan penghormatan.
  1. Tahun 2004, Bolt menciptakan rekor dunia junior lari 200 m (19,93 detik). 
  2. Kejuaraan Dunia 2007 di Osaka, Bolt meraih medali perak lari 200 m (19,91 detik). 
  3. Kejuaraan Reebok New York 2008, Bolt memecahkan rekor dunia lari 100m (9,72 detik). 
  4. Olimpiade Beijing 2008, Bolt memecahkan rekor dunia lari 100m dan 200m (9,69 detik dan 19,30 detik).
  5. Olimpiade Beijing 2008, Bolt menciptakan rekor dunia lari estafet (37,10 detik).
  6. Kejuaraan Atletik Dunia tahun 2009, Bolt memecahkan rekor dunia lari 100m dan 200m (9,58 detik dan 19,19 detik).
  7. Kejuaraan Dunia Atletik 2009 di Berlin, Bolt memecahkan rekor dunia baru di nomor lari 200 meter (19,19 detik).
  8. Olimpiade 2012 di London,Bolt membawa pulang medali emas dari nomor lari sprint 100 dan 200 meter, serta lari estafet 4x400 meter.

Usain Bolt merebut gelar atlet terbaik dunia dalam Laureus World Sports Awards yang digelar tahunan. Bolt menang untuk ke-tiga kalinya.


Sumber :
https://mfstudent.wordpress.com/2010/05/13/motivasi-sang-motivator/
https://en.wikipedia.org/wiki/Mark_Zuckerberg
http://tekno.tempo.co/read/news/2009/02/05/072158563/pencipta-facebook-muda-jenius-dan-sangat-kaya
http://www.desamodern.com/index.php/read/news/view/2181/Lele-Lela-Perjalanan-Seorang-Wirausaha-Muda
https://id.wikipedia.org/wiki/Andy_F._Noya
http://ahmad.web.id/sites/apa_dan_siapa_tempo/profil/A/20030701-55-A_2.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Usain_Bolt
https://www.facebook.com/asalmulaasalusul/posts/411903938871145
http://www.dw.com/id/usain-bolt-tiga-kali-atlet-terbaik-dunia/a-16665490