Friday, September 4, 2015

Manusia Super di Dunia Nyata


Apakah mungkin tokoh superhero dan manusia super bisa ada di dunia nyata? Berikut adalah beberapa kisah dari tokoh manusia super yang pernah ada di bumi.

Allain Robert - Spiderman

Spiderman atau manusia laba-laba layak disematkan di dunia nyata kepada Allain Robert. Allain Robert adalah pria asal Perancis ini menganggap bangunan tinggi seperti gedung-gedung pencakar langit adalah tempat berlatih pribadi.

Alain sudah memanjat setidaknya 70 gedung pencakar langi di dunia tanpa alat pengaman dan salah satu gedung pencakar langit ternama yang pernah ia panjat adalah Empire State Building di New York, Amerika Serikat.

Gedung tertinggi di Indonesia terjadi pada tahun 2008 ia memanjat gedung City Tower di kawasan Tanah Abang. Pada tahun 2012 dengan memanjat Bakrie Towers yang berlantai 50 dengan tinggi 215 meter.


Jittarat Wongsomboon - Banshee

Pada film X-Men: First Class yang dirilis tahun 2011, terdapat tokoh X-Men yang mempunyai julukan Banshee, yaitu mutan Irlandia, yang mempunyai kekuatan “suara super sonik,” sehingga mampu melukai sistem pendengaran musuh dan menyebabkan getaran fisik.

Di dunia nyata terdapat tokoh Banshee, yaitu Jittarat Wongsomboon, wanita berusia 55 tahun asal Thailand ini bisa tertawa dengan tingkat kebisingan suara sekitar 110 desibel. Hal ini diketahui pada tanggal 5 Juli 2008, saat lomba tertawa "Ripley’s International Laughing Contest" di Pattaya Thailand, dia berhasil memenangkan kompetisi dengan tertawa selama 12 menit 26 detik dan mencapai tingkat suara 110 desibel.


Michael Lotito - Man of steel

Michel Lotito yang lahir pada tanggal 15 Juni 1950 adalah seorang penghibur Perancis. Lotito, yang dilahirkan di Grenoble, mempunyai julukan Monsieur Mangetout (Tuan Makan segalanya) karena merupakan manusia pemakan segala.

Makanan yang dikonsumsi saat atraksi adalah logam, kaca, karet dan semacamnya, ia juga makan sepeda, televisi, pesawat Cessna 150. Tahun 1978 hingga 1980 dia mampu menghabiskan pesawat udara hanya dengan bantuan air putih dan minyak


Kim Peek - Rain Man (Memory Man)

Dalam film Rain Man, terdapat tokoh Raymond Babbitt yang diperankan oleh Dustin Hoffman dimana dia adalah orang yang berada di antara disabilitas dan kejeniusan. Dia adalah seseorang yang menderita autisme tapi juga mempunyai kejeniusan luar biasa.

Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata dari Laurence Kim Peek yang lahir pada tanggal 11 November  1951 dan telah wafat pada tanggal 19 December 2009. Kim tinggal di Salt Lake City, Utah.

Kim didiagnosis mempunyai keterbelakangan mental. Namun ayahnya tetap mendukung dan mendidiknya untuk berkembang sehingga ketahuan kemampuan luar biasa yang dimiliki Kim. Secara spesifik, gejala ini disebut Savant Syndrome.

Sepanjang hidupnya, Kim suka membaca buku. Kim mempunyai kecepatan membaca buku hanya 10 detik per halaman, dimana manusia normal kecepatan rata-rata adalah 3 menit per halaman. Lebih hebat lagi Kim mampu membaca halaman buku sebelah kiri dengan mata sebelah kirinya, dan halaman sebelah kanan dengan mata kanannya. Kim juga mampu mengingat 98% apa yang dibacanya.


Dean Karnazes - Marathon Man

Dean Karnazes adalah orang terkuat di dunia yang mampu melintasi negara-negara bagian di AS. Dean berpartisipasi dalam 50 maraton di seluruh 50 negara bagian dalam 50 hari berturut-turut, berakhir dengan marathon di New York City. Sebagai penutup ia berlari kembali dari New York City ke St Louis, Missouri, yang jaraknya meliputi hampir 1.300 mil.

Dean telah berlari ultra-maraton di Death Valley pada suhu 120 derajat Fahrenheit sepanjang 135 mil dan maraton ke Kutub Selatan pada suhu minus 40 derajat Fahrenheit.

Dean telah mengusahakan tubuh dan pikirannya untuk bekerja mencapai titik yang tak terhingga.


Yves Rossy - Iron Man

Yves Rossy adalah seorang pilot penerbangan Swiss International Air Lines, yang berani terbang langsung dari atas gunung Fuji di Jepang dengan menggunakan pakaian yang lengkap dengan mesin jetnya, dengan kecepatan 300 kilometer per jam.

Penerbangan nekad juga pernah dia lakuin dari atas selat Inggris, Grand Canyon, Pegunungan Alpen Swiss, sampe Rio de Janerio.

Berat pakaian tersebut mencapai 60 kg karena terdapat 4 mesin jet Kevlar


Wim Hof - Ice Man

Wim Hof berasal dari Belanda, dia mampu menahan suhu yang sangat ekstrim, yaitu mampu bertahan di es selama 1 jam 52 menit 42 detik. Teknik yang digunakan Hof adalah ilmu mediasi kuno Tummo. Tummo merupakan ilmu kuno yang dipelajari oleh para biksu.


Dave Mullins - Aquaman

Dave Mullins alias aquaman atau manusia ikan adalah seorang penyelam asal Selandia Baru, yang mampu menyelam di kedalaman 108 meter tanpa tabung oksigen dan peralatan selam. Dia mampu berenang dengan sekali tarikan nafas dengan menempuh jarak 244 meter selama 4 menit 2 detik. Semua itu didapatkan oleh Mullins dengan melatih tubuhnya untuk tetap aktif saat kehilangan oksigen.


Stephen Wiltshire - The Human Camera

Stephen Wiltshire lahir pada 24 April 1974 adalah seorang seniman yang mampu menggambar lanskap dengan detail yang luar biasa sehingga menyerupai foto dengan akurat hanya dengan hitungan detik untuk merekam pemandangan yang dia lihat di otaknya, kemudian menggambarkannya di atas kertas.

Stephen adalah pria dengan autisme yang secara spesifik, kemampuan yang dia punyai disebut sindrom savant.

Pada usia 7 tahun, Stephen Wiltshire berhasil menjual karyanya yaitu gambar Katedral Salisbury, yang dibeli oleh Perdana Menteri Inggris kala itu, Edward Heath. Pada usia 10 tahun, Stephen membuat sebuah proyek besar yang dijuluki “London Alphabet”, kumpulan gambar yang mencitrakan bangunan-bangunan di London, yang disusun berdasarkan urutan alfabet: dari Albert Hall sampai London Zoo.


Eskil Ronningsbakken - Dare Devil

Eskil Ronningsbakken adalah seorang stuntman yang berani menggowes turun di Trollstigen atau Jalur Trolls, yaitu jalur pegunungan dengan jalur berlika-liku dan banyak kelokan di Norwegia secara terbalik atau mundur, dimana dia harus melewati belokan patah dengan jalan yang sempit dengan jurang menganga di salah satu tepi badan jalan. Eskil menggowes turun sejauh 4,5 km dalam waktu 2,5 menit. Ia sempat mencapai kecepatan 50 mil per jam atau sekitar 80 km/jam!

Aksi lain adalah bersepeda meniti seutas tali yang menghubungkan dua bukit dengan jurang menganga di bawah.

Semua aksi menegangkan tersebut Ronningsbakken melakukan yoga dan meditasi sebagai pendukung ketenangan dan keseimbangan.


Isao Machii - Samurai Man

Isao Machii adalah orang Jepang yang mampu mendeteksi sesuatu benda yang meluncur ke arahnya secara cepat. Misalnya Isao Machii mampu membelah biji kacang polong yang dilemparkannya kepadanya menggunakan pedang. Bahkan Isao Machii mampu membelah sebuah peluru yang ditembakkan kepada dirinya.

Menurut Dr Ramani Durvasula, clinical psycologist, kemampuan yang dimiliki Isao ini bukan sesuatu yang disebut dengan visually processing melainkan level tertinggi dari anticipatory processing.


Slavisa Pajkic - Battery Man

Slavisa Pajkic adalah pria dari Serbia yang dikenal sebagai manusia listrik. Dia mampu menyalakan lampu menggunakan tubuhnya di Dubai. Pajkic dapat menahan tegangan tinggi tanpa merasa kesetrum seperti layaknya manusia biasa. Ini artinya tubuh Pajkic bisa menjadi isolator, konduktor dan akumulator listrik. Tahun 1983, Pajkic masuk di buku Guinness World Record saat itu tubuhnya dialiri listrik dengan kekuatan 20 ribu volt.

Selain menjadi manusia listrik, dia juga bisa menjadi manusia pemanas. Dia dapat memasak sosis dengan menggunakan energi yang tersimpan dalam tubuhnya. Pajkic mampu memanaskan segelas air hingga mencapai 97ÂșC dalam waktu 1 menit 37 detik hanya dengan kedua tangannya.


Sumber :
http://www.superadventure.co.id/djournal/alain-robert-pria-pemberani-yang-hobi-memanjat-gedung-pencakar-langit/
http://www.pulsk.com/uname/erdianrahmana/135039/wanita-yang-dapat-tertawa-dengan-volume-110-decibels.html/
http://pemulihanjiwa.com/michel-lotito-manusia-si-pemakan-apa-saja.html
http://intisari-online.com/read/kim-peek-sang-rain-man
http://www.kompasiana.com/kamuh/dean-karnazes-pelari-terkuat-dunia_54f5ee30a333115a768b46d9
http://m.ceritamu.com/cerita/Seorang-Pria-Terbang-Seperti-Iron-Man
http://www.hipwee.com/hiburan/17-bakat-yang-akan-sulit-kamu-percayai/
http://www.pulsk.com/503918/Dave-Mullins-si-Manusia-Ikan.html
http://intisari-online.com/read/stephen-wiltshire-si-kamera-hidup
http://pedalku.com/baca/2013/12/10/eskil-ronningsbakken-lebih-suka-bersepeda-sambil-mundur/
http://www.merdeka.com/teknologi/11-manusia-dengan-kemampuan-super/isao-machii-manusia-dengan-kecepatan-refleksi-super.html
http://www.dream.co.id/news/fakta-menarik-tentang-slavisa-pajkic-si-manusia-listrik-141111r.html