Monday, January 11, 2016

Kurva Normal


A : 2.27% (5%)
B : 13.59 % (20%)
C : 68.26% (50%)
D : 13.59 % (20%)
E : 2.27% (5%)

Kurva normal adalah satu model distribusi dari sejumlah kemungkinan distribusi. Hal ini disebabkan karena penggunaan konsep kurva normal sangat luas dan dijadikan sebagai alat yang sangat penting dalam pengembangan suatu teori, konsep kurva normal juga memberikan status khusus dalam pengembangan kaidah-kaidah ilmiah.

Ruangan yang dibatasi daerah kurva dengan absisnya disebut daerah kurva normal. Luas daerah kurva  normal biasa dinyatakandalam persen atau proporsi. Dengan kata lain luas daerah kurva normal adalah seratus per sen, apabila dinyatakan dalam persen, dan apabila dinyatakan dengan proporsi, luas daerah kurva normal

Suatu data membentuk distribusi normal jika jumlah data di atas dan di bawah mean adalah sama. Distribusi normal berupa kurva berbentuk lonceng setangkup yang melebar tak berhingga pada kedua arah positif dan negatifnya.

Distribusi normal merupakan salah satu distribusi probabilitas yang penting dalam analisis statistika. Distribusi ini memiliki parameter berupa mean dan simpangan baku. Distribusi normal dengan mean = 0 dan simpangan baku = 1 disebut dengan distribusi normal standar. Apabila digambarkan dalam grafik, kurva distribusi normal berbentuk seperti genta (bell-shaped) yang simetris.

---
Update 21 Mei 2020




Sumber :
https://bellashabrina.wordpress.com/2013/11/10/kurva-normal-2/
http://dwiputristatek.blogspot.co.id/2013/11/kurva-normal.html
http://trianfakhrudin.blogspot.co.id/2013/11/tugas-statistik-ke-9-kurva-normal.html
http://analisis-statistika.blogspot.co.id/2013/03/mengenal-distribusi-normal-dan-cara.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Simpangan_baku
https://rumusrumus.com/rumus-simpangan-baku/

2 comments:

Related Posts