Wednesday, July 21, 2021

Planet of the Apes (Series)

Melanjutkan libur Idul Adha hari ke-5 alias hari terakhir, hari ini aku nonton film Planet of the Apes (film 2001).

Film Planet of the Apes menceritakan, pada tahun 2029 seorang astronaut Leo Davidson sekaligus Kapten kapal stasiun ruang angkasa Oberon, yang berusaha mengejar Pericles, seekor simpanse yang dilatih untuk misi ruang angkasa. Namun saat itu ada badai elektromagnetik. Sehingga keduanya mengalami kecelakaan dan mendarat di sebuah planet yang disebut Ashlar pada tahun 5021, yang dihuni oleh kera cerdas. 

Kera memperlakukan manusia sebagai budak. Apes atau kera tersebut dapat berbahasa Inggris, menggunakan kuda peliharaan untuk transportasi.

Leo bertemu seorang simpanse betina bernama Ari, yang memprotes perlakuan atau perbudakan tersebut. Ari lalu membeli Leo dan seorang budak perempuan yang bernama Daena untuk bekerja sebagai pelayan di rumah ayahnya, Senator Sandar. 

Leo lolos dari kurungannya dan membebaskan manusia lainnya. Limbo, pengawas Thade yang pengecut. 

Jendral Thade dan Kolonel Attar bersama pasukan kera mengejar mereka.

Tujuan Leo adalah ke Calima sebagai candi "Semos", sebuah wilayah terlarang yang merupakan tempat suci bagi para Kera dimana dipercaya sebagai tempat asal usul para Kera. Semos dipuja dan dianggap sebagai dewa.

Calima ternyata sisa-sisa bekas stasiun ruang angkasa Oberon yang telah jatuh di permukaan Planet tersebut. Nama Calima ternyata berasal dari tulisan "CAution LIve aniMAls" dikapal, tulisan satu-satunya yang tidak tertutup oleh debu. 

Menurut log komputer, Calima sudah berada disana selama ribuan tahun. Leo menyimpulkan bahwa Oberon berusaha mengejar dan menemukannya, namun tidak bisa karena Leo telah meloncat ke masa depan.  

Ternyata kera-kera lebih kuat dan jauh lebih cerdas dari yang mereka bayangkan. Tiga kera kemudian lepas kendali, seekor kera jantan bernama Semos memimpin untuk menguasai Oberon dan membunuh seluruh orang di kapal.

Para manusia yang ada di planet Kera tersebut adalah keturunan manusia yang selamat dari Oberon sejak pendaratan di planet tersebut. Pertempuran kemudian terjadi antara para manusia dan para Kera. Hingga sebuah kapal turun dari langit yang ternyata dikemudikan oleh Pericles, astronot simpanse. 

Pericles telah masuk ke lorong waktu seperti Leo, dan baru sekarang dapat menemukan jalan ke planet. Ketika Pericles menginjak tanah, para Kera mengira dia sebagai titisan Semos yang datang kembali, sesuai ramalan. Perikaian pun terhenti.

Thade yang masih tidak terima, kemudian mengejar Leo ke bangkai Oberon, di mana ia menyerang Pericles dan mematahkan kakinya. Thade kemudian terjebak di dek pilot dan terakhir terlihat masih hidup meringkuk di bawah panel kontrol. 

Leo mengetahui dari pod yang dikemudikan Pericles bahwa koordinat Bumi masih tersimpan di pod, dan Leo memutuskan untuk meninggalkan Planet Kera. 

Leo menaiki pod dan menggunakannya untuk perjalanan kembali pulang melalui badai elektromagnetik yang sama. Leo menabrak badai memasuki lorong waktu yang kemudian mendarat ditempat yang tampaknya seperti Washington, D.C.. 

Dia kemudian mendongak untuk melihat patung Lincoln Memorial yang telah menjadi sebuah patung monumen untuk menghormati Jenderal Thade. Setelah itu, segerombolan Kera polisi, pemadam kebakaran, dan wartawan tiba yang membuat Leo bingung.


Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Planet_of_the_Apes_(film_2001)

No comments:

Post a Comment

Related Posts