Monday, July 26, 2021

Kalimat Matematika

Kumpulan kata yang mengungkapkan suatu konsep pikiran dan perkataan merupakan definisi dari KMM atau Kalimat Matematika. Dari sana nanti akan berhubungan dengan Logika Matematika, yaitu ilmu untuk berpikir dan menalar dengan menggunakan bahasa serta simbol-simbol matematika dengan benar.

youcubed.org

Kalimat matematika terdiri dari kalimat pernyataan, kalimat tertutup, kalimat terbuka, kesamaan, ketidaksamaan, persamaan dan pertidaksamaan.

  1. Kalimat Pernyataan, contoh: 2 + 3 = 4 adalah kalimat pernyataan yang memiliki nilai salah.
  2. Kalimat Tertutup, contoh: 2 x 3 = 12
  3. Kalimat Terbuka, contoh: 3 x ... = 12
  4. Kalimat Kesamaan, contoh: 2 + 3 = 5
  5. Kalimat Ketidaksamaan, contoh: 5 < 3, 4 > 8, 3 =/ 3
  6. Kalimat Persamaan, contoh: x + y = 5
  7. Kalimat Pertidaksamaan, contoh: x + 5 > 12

Seorang siswa yang diperhadapkan dengan soal cerita harus memahami langkah-langkah sistematik untuk menyelesaikan suatu masalah atau soal cerita matematika. Haji (1994:12) mengungkapkan bahwa untuk menyelesaikan soal cerita dengan benar diperlukan kemamuan awal, yaitu kemamuan untuk: 

  • (1) menentukan hal yang diketahui dalam soal; 
  • (2) menentukan hal yang ditanyakan; 
  • (3) membuat model matematika; 
  • (4) melakukan perhitungan; dan 
  • (5) menginterpretasikan jawaban model ke permasalahan semua. 

Hal ini sejalan dengan langkah-langkah penyelesaian soal cerita sebagaimana dituangkan dalam Pedoman Umum Matematika Sekolah Dasar (1983), yaitu: 

  • membaca soal dan memikirkan hubungan antara bilangan-bilangan yang ada dalam soal; 
  • menuliskan kalimat matematika; 
  • menyelesaikan kalimat matematika; dan 
  • menggunakan penyelesaian untuk menjawab pertanyaan.

Pembelajaran matematika dapat dikelompokan menjadi tiga kelompok konsep besar. Sejalan dengan pendapat Heruman 2008: 2-3 yang mengatakah bahwa, konsep-konsep pada kurikulum matematika SD dapat dibagi menjadi tiga kelompok besar yaitu. 

  1. Penanaman Konsep Dasar, yaitu pembelajaran suatu konsep baru matematika, ketika siswa belum pernah mempelajari konsep tersebut. Kita dapat mengetahui konsep ini dari isi kurikulum, yang dic irikan dengan kata “mengenal”. 
  2. Pemahaman Konsep, yaitu pembelajaran lanjutan dari penanaman konsep, yang bertujuan agar siswa lebih memahami suatu konsep matematika. 
  3. Pembinaan Ketrampilan, yaitu pembelajaran lanjutan dari penanaman konsep dan pemahaman kosep. Pembelajaran pembinaan ketrampilan bertujuan agar siswa lebih terampil dalam menggunakan berbagai konsep matematika. Dengan demikian tujuan akhir pembelajaran matematika di SD yaitu agar siswa terampil dalam menggunakan berbagai konsep matematika.

Salah satu cara untuk mengatasi rendahnya kemampuan siswa dalam meyelesaikan soal cerita matematika adalah dengan menerapkan langkah Polya. Langkah ini memiliki kelebihan yaitu menyajikan kerangka kerja yang tersusun rapi untuk menyelesaikan masalah sehingga dapat membantu siswa untuk mengerjakan secara sistematis, runtut, dan cermat.

Polya (dalam Rahardjo, 2011:10) mengemukakan empat langkah dalam menyelesaikan masalah atau soal cerita, yaitu 

  • 1) memahami masalah, 
  • 2) menyusun rencana penyelesaian, 
  • 3) pelaksanaan rencana, dan 
  • 4) memeriksa kembali semua langkah yang telah dikerjakan. 

Siswa dikatakan memahami masalah apabila siswa mampu mengemukakan data yang diketahui dan ditanyakan dalam soal. Setelah siswa memahami masalah dengan benar, selanjutnya mereka harus mampu menyusun rencana penyelesaian masalah. Siswa menerjemahkan soal cerita ke dalam kalimat matematika. 

Kalimat matematika yang telah direncanakan kemudian dipecahkan. 

Dengan menerapkan langkah Polya kemampuan siswa dalam memecahkan soal cerita akan meningkat. Siswa menjadi terbiasa berpikir dan menyelesaikan masalah secara sistematis. Selain itu, langkah ini dapat digunakan untuk menggantikan metode konvensional yang kurang berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita.


Sumber :

http://docplayer.info/112255020-Logika-dan-himpunan-1-kalimat-matematika-definisi-kalimat-matematika-adalah-kumpulan-kata-yang-mengungkapkan-suatu-konsep-pikiran-dan-perkataan.html

http://math-zu.blogspot.com/2013/08/kalimat-matematika.html?m=1

https://4sn4wat1.wordpress.com/matematika-sd-kelas-vi/menyelesaikan-soal-cerita/

https://text-id.123dok.com/document/1y91672dq-kemampuan-menyelesaikan-soal-cerita-matematika.html

https://jatengpos.co.id/langkah-polya-tingkatkan-kemampuan-memecahkan-soal-cerita-matematika/

No comments:

Post a Comment

Related Posts