Sunday, July 18, 2021

Die Hard

Hari Minggu, tanggal 18 Juli 2021 menjadi hari ke-2 dari 5 hari libur panjang Idul Adha sekaligus dalam rangka mengikuti aturan PPKM Darurat dimana angka penambahan kasus positif Covid-19 melonjak tajam hingga di angka 50-an ribu per hari.

Aku isi hari ini dengan menonton film Die Hard series yang ditayangkan di Disney+ Hotstar.

Die Hard merupakan film yang diperankan dan besar karena daya tarik serta karisma dari Bruce Willis. Film Die Hard pertama ditayangkan pada tahun 1980-an. Saat itu film layar lebar didominasi oleh aktor pahlawan aksi ikonik yang menjadi legenda, seperti Arnold Schwarzenegger, Sylvester Stallone, Jean-Claude Van Damme, dan Chuck Norris.

Konon kabarnya, 20th Century Fox berencana membuat Die Hard 6. Film ini akan menjadi prequel yang menceritakan kisah John McClane ketika masih menjadi seorang polisi biasa di New York City, tahun 1979. Oleh karena rencana judulnya adalah "Die Hard is Back"

Nantinya akan diceritakan McClane muda dan bagaimana ia bisa menjadi seorang yang sangat tangguh.

Sambil menantikan film Die Hard 6.0, mari kita flashback mulai dari Die Hard 1.0 hingga Die Hard 5.0

1.0 Die Hard (1988)

Film berlatar belakang di di Nakatomi Plaza di Los Angeles. Saat Malam Natal McClane datang untuk bersatu kembali dengan istri yang terpisah Holly di pesta Natal perusahaannya. Holly meninggalkan pernikahannya untuk mengejar karirnya dan mengambil dua anak mereka.

Teroris Jerman Timur masuk dan menyandera para selebran. McClane lolos dari deteksi dan bersembunyi di seluruh gedung. Dia membunuh geng dan mempelajari rencana mereka yang sebenarnya, untuk mencuri $640 juta obligasi pembawa dari brankas gedung. 

Di akhir, McClane menembak pemimpin teroris, Hans Gruber, dari jendela jatuh tiga puluh lantai.


2.0 Die Hard (1990)

Film kedua juga terjadi pada Malam Natal. Di Washington, D.C., McClane menunggu istrinya di Bandara Internasional Washington Dulles. Tentara bayaran yang dipimpin oleh mantan Kolonel Pasukan Khusus Angkatan Darat A.S. Stuart mengambil alih sistem komunikasi bandara, membuat pesawat terdampar di udara, termasuk yang bersama istri McClane. 

Kolonel Stuart ingin membebaskan seorang diktator Amerika Latin yang ditangkap (Franco Nero) dalam perjalanan ke bandara. McClane menemukan rencananya, termasuk konspirasi antara Stuart dan unit kontra-teroris Angkatan Darat yang dikirim untuk menghentikannya. 

Dia menggagalkan rencana mereka dan memberikan sinyal pendaratan visual untuk pesawat yang berputar-putar dengan meledakkan pesawat pelarian penjahat.


3.0 Die Hard with a Vengeance (1995)

Dalam film ketiga, McClane kembali ke New York City, terpisah dari istrinya, diskors dari kepolisian, dan seorang pecandu alkohol. Seorang teroris yang hanya dikenal sebagai "Simon" (Jeremy Irons) mengancam untuk meledakkan berbagai lokasi di kota kecuali McClane akan memainkan versi Simon Says, teka-teki, dan tantangannya.

Zeus Carver, seorang penjaga toko dari Harlem, menyelamatkan McClane setelah tantangan pertama, dan dengan enggan terus membantu. FBI mengungkapkan Simon adalah saudara dari Hans Gruber, terbunuh di film pertama. McClane belajar balas dendam adalah cerita sampul untuk merampok Federal Reserve New York. McClane melacak Simon ke perbatasan Kanada-AS. McClane membunuh Simon dengan menembak kabel listrik di atas helikopter Simon.


4.0 Live Free or Die Hard (2007)

Film keempat, berlangsung pada Hari Kemerdekaan, lebih dari satu dekade setelah Die Hard with a Vengeance. McClane bercerai, dan terasing dari putrinya Lucy. Teroris dunia maya meretas komputer di FBI, yang telah mengirim McClane untuk membawa peretas komputer Matthew "Matt" Farrell untuk diinterogasi. 

Pembunuh yang disewa oleh dalang teroris Thomas Gabriel (Timothy Olyphant) berusaha membunuh McClane dan Farrell. Farrell memberi tahu McClane bahwa para teroris sebenarnya berada di tengah-tengah "penjualan api" - serangan perang cyber yang melumpuhkan infrastruktur nasional: listrik, utilitas publik, lalu lintas, dan sistem yang dikendalikan komputer lainnya. 

Meskipun para teroris menangkap Lucy dan Farrell, McClane menggagalkan para penjahat dan menyelamatkan para sandera.


5.0 A Good Day to Die Hard (2013)

Film kelima terjadi di Moskow, Rusia dan Chernobyl, Ukraina. McClane mengetahui bahwa putranya yang terasing John "Jack" McClane, Jr. (Jai Courtney) ditangkap di Moskow karena pembunuhan. Ketika ia tiba di gedung pengadilan Moskow untuk Jack, teroris Rusia mengebom gedung dan Jack melarikan diri dengan dipenjarakan mantan miliarder Yuri Komarov. 

Dalam pengejaran mobil yang intens, McClane mengejar dan menyelamatkan pasangan itu. Jack, tidak senang dengan kedatangan yang tak terduga, dengan enggan menjemput ayahnya. Ketika mereka berhenti di sebuah rumah persembunyian CIA di Moskow, McClane mengetahui bahwa Jack adalah seorang agen rahasia CIA yang mencoba mendekati Komarov untuk berkasnya yang memberatkan pejabat tinggi Rusia yang korup, Viktor Chagarin. 

Antek Chagarin, yang dipimpin oleh penegak utamanya Alik, menyerang rumah persembunyian. McClane menahan mereka, dan kabur bersama Jack dan Komarov. Mereka mengambil kunci untuk file di Chernobyl, dan bertemu putri Komarov, Irina. 

Irina mengkhianati mereka untuk Alik. McClanes melarikan diri, tanpa Komarov. Irina, yang selalu berada di sisi ayahnya, Komarov, mencoba menyelamatkannya. McClane mengejar Irina, sementara Jack mengejar ayahnya. Jack melempar Komarov dari atap; dia jatuh di baling-baling helikopter dan tercabik-cabik.


Sumber:

https://www.hotstar.com/id/movies/die-hard/1770001194

https://screenrant.com/die-hard-bruce-willis-john-mcclane-controversial-casting-moonlighting/

https://hardrockfm.com/die-hard-6-segera-dibuat/

https://en.wikipedia.org/wiki/Die_Hard_(film_series)

https://whatculture.com/film/so-absolutely-everything-is-wrong-with-die-hard-6

No comments:

Post a Comment

Related Posts