Tuesday, July 13, 2021

The Grand Budapest Hotel

The Grand Budapest Hotel merupakan mahakarya film karya Wes Anderson sehingga berhasil masuk nominasi Oscar karena termasuk film yang sempurna dimana film dibuat dengan sangat cermat, dialog yang jenaka.

Di sebuah pemakaman di negara Zubrowka, seorang gadis muda mengunjungi kuil seorang penulis terkenal, yang hanya dikenal sebagai "Penulis", membaca bukunya yang paling disukai: The Grand Budapest Hotel. 

Ditulis pada tahun 1985, itu membahas masa tinggalnya di tahun 1968 di hotel yang dulu megah dan menjemukan. Di sana, ia bertemu pemiliknya, Zero Moustafa, yang saat makan malam menceritakan kisah kaya rayanya.

Pada tahun 1932, Zero adalah anak lobi yang baru direkrut di Grand Budapest Hotel yang bergengsi. Monsieur Gustave H., petugas hotel yang cerewet, merayu klien-klien tua yang kaya—di antaranya adalah Madame D. janda berusia 84 tahun, yang telah berselingkuh dengannya selama hampir dua dekade. 

Dia meninggal secara misterius sebulan setelah kunjungan hotel terakhirnya. Gustave dan Zero mengunjungi perkebunan Schloss Lutz Madame, di mana mereka bertemu kerabat yang masih hidup untuk pembacaan surat wasiatnya oleh pengacaranya, Deputi Vilmos Kovacs. 

Kovacs mengumumkan codicil baru-baru ini untuk surat wasiat yang mewariskan Boy with Apple, lukisan Renaisans yang tak ternilai, kepada Gustave. Putra Nyonya, Dmitri, marah dan menuntut penangkapan Gustave. Gustave dan Zero pergi, melarikan diri dengan lukisan itu untuk diamankan.

Gustave kemudian ditangkap dengan tuduhan pembunuhan. Dia berteman dengan geng selama penahanannya, dan orang-orang itu merencanakan pelarian mereka. Gustave memiliki alat penggali tempat Zero di dalam kue-kue yang dibuat oleh Agatha, seorang tukang roti magang di pacar Mendl dan Zero. 

Gustave dan yang lainnya menggali jalan keluar dan bubar. Ketika Zero dan Gustave bersatu kembali, mereka berangkat untuk membuktikan Gustave tidak bersalah dengan bantuan persaudaraan concierge: Society of the Crossed Keys. 

Mereka mengetahui bahwa Nyonya memiliki wasiat kedua yang hilang yang hanya akan berlaku jika dia dibunuh. Di belakang keberadaan mereka adalah pembunuh bayaran Dmitri, J. G. Jopling, yang membunuh Kovacs dan kepala pelayan Madame Serge X dalam usahanya untuk membunuh Gustave. 

Pelarian Gustave dan Zero dari Jopling berubah menjadi pengejaran kucing-dan-tikus yang panjang. Zero kemudian mendorong Jopling dari tebing untuk menyelamatkan Gustave, dan kedua pria itu melanjutkan pelarian mereka dari kerumunan pasukan Zubrowkan.

Gustave, Zero, dan Agatha tiba kembali di Grand Budapest untuk menemukannya diubah menjadi markas militer. Agatha menyelinap masuk untuk mengambil Boy with Apple untuk dijual, tetapi terlihat dengan lukisan karya Dmitri. Gustave dan Zero bergegas menyelamatkan Agatha dari bahaya saat dia melarikan diri dari Dmitri. Dia menembaki mereka, memulai baku tembak intens yang membingungkan dengan pasukan Zubrowkan. Upaya Agatha untuk melarikan diri meninggalkan dia dan Zero tergantung dari balkon sebelum dengan selamat jatuh ke dalam van kue kering. Sebuah surat kabar menyatakan bahwa Dmitri hilang.

Surat wasiat kedua Madame, yang menjadikan Gustave sebagai penerima kekayaannya, ditemukan di bagian belakang Boy with Apple; dia menggantikannya sebagai pemilik Grand Budapest Hotel, dan menjadi salah satu Zubrowkan terkaya. 

Dia melakukan perjalanan dengan kereta api dengan Zero dan Agatha yang sekarang sudah menikah untuk merayakannya, sebelum bertemu dengan tentara yang menghancurkan dokumen pengungsi Zero. Gustave mencoba untuk menangkis tentara tetapi ditembak mati. Zero, pewaris tunggal Gustave, mewarisi kekayaannya; dia mempertahankan Grand Budapest untuk mengenang Agatha, yang meninggal karena flu bersama bayi laki-laki mereka.


Sumber :

https://jalantikus.com/hiburan/film-sempurna/

https://en.wikipedia.org/wiki/The_Grand_Budapest_Hotel

No comments:

Post a Comment

Related Posts