Monday, July 5, 2021

Centre

Hari ini, tanggal 05 Juli 2021, merupakan tepat 1 tahun cikal bakal dari berdirinya Soeket Ganesha Nusantara (SGN). SGN mempunyai visi become a partner in your business sustainability dengan misi dalam bidang operations management dan supply chain serta pengembangan bisnis berikut solusinya yang mampu meningkatkan bisnis internal dan customer sehingga bersama-sama menjadi competitive & sustain

Salah satu bidang dari SGN adalah Circular Economy dan Sustainable Development.


Berbicara Sustainable Development jadi ingat dengan CSD sewaktu duduk di bangku kuliah sekitar tahun 2003, tepatnya tanggal 02 Februari 2003.

CSD merupakan singkatan dari CENTRE OF SUSTAINABLE DEVELOPMENT-SUSTAINABLE MANUFACTURING. CSD kemudian dikenal dengan nama CENTRE.

CENTRE merupakan sebuah activity study antara dosen dan mahasiswa Jurusan Teknik Industri – ITS yang memiliki ketertarikan terhadap bidang dan minat yang sama.

Bidang dan minat yang sama dalam hal ini adalah SUSTAINABLE DEVELOPMENT-SUSTAINABLE MANUFACTURING, yaitu apabila didefinisikan secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu pengembangan terhadap sumber daya yang berkelanjutan. 

Misalnya dalam ekploitasi sumber daya, kita tidak boleh rakus untuk memenuhi kebutuhan kita pada saat itu, namun kita juga melihat jauh kedepan demi kesejahteraan manusia sekarang serta anak cucu kita di masa depan.

Atau juga misalnya dalam bidang manufacturing, sebaiknya kita menggunakan teknologi yang “ramah lingkungan” dan janganlah kita dibutkan sehingga hanya ingin meraih keuntungan sesaat untuk diri sendiri, namun kita juga harus memperhatikan lingkungan sekitar.

Layaknya sebuah organisasi, CSD (Centre of Sustainable Development) juga mempunyai Visi dan Misi, Visi dan Misi dari CSD adalah:

VISI : membangun kehidupan Indonesia yang berkelanjutan dengan pemanfaatan segala apa yang ada di dalamnya secara efektif dan efisien.

MISI : penyadaran terhadap pola perilaku kehidupan masyarakat yang sepenuhnya diarahkan pada pola dan perilaku kehidupan masyarakat yang ‘ramah lingkungan’.

Dalam mengaplikasikan VISI dan MISI tersebut, CSD dioptimalkan dengan dibagi-bagi ke dalam empat Departemen, yaitu Departemen Training&Culture, Penelitian (R&D), Humas, dan Pengabdian Masyarakat.
 
JodDesk dari masing-masing Departemen adalah sebagai berikut:

Departemen Training & Culture
Peningkatan pengetahuan dan skill sumber daya manusia yang ada
Bentuk kegiatan :
1. Training
  • a. Komunikasi
  • b. Berpikir kritis
  • c. Bagaimana menjadi Surveyor
2. Pembuatan modul pelatihan

Departemen Penelitian (R&D)
Pengembangan, penelitian yang berkaitan dengan Center of Sustainable Development (CSD) dalam rangka peningkatan sumber daya manusia yang ada di CSD dan masyarakat

Departemen Hubungan Masyarakat (Humas)
Melakukan hubungan kerjasama, baik internal maupun eksternal, instansi-instansi terkait dalam rangka menunjang aktivitas yang ada dalam Center of Sustainable Development

Departemen Pengabdian Masyarakat
Memberikan konstribusi positif (educate) ke arah perbaikan pola hidup di masyarakat mengacu pada VISI Center of Sustainable Development
 Bentuk kegiatan:
1. Pelatihan
Misal, pelatihan kepada sekolah mengenai pengenalan perilaku atau pola hidup yang ramah lingkungan.
2. Pembuatan spot layanan iklan yang bernuansa education.


Sumber foto:
https://ase.aseglobal.com/en/csr/environmental_sustainability/sustainable_manufacturing

No comments:

Post a Comment

Related Posts