Thursday, July 22, 2021

Ruam dan Covid (2)

Konon, ruam kulit pada COVID-19 pertama kali dilaporkan oleh seorang pasien di Italia, yang dapat muncul pada tahap awal berkembangnya penyakit atau selama pasien menjalani perawatan di rumah sakit.

Ada beberapa jenis ruam kulit yang bisa muncul sebagai gejala COVID-19, yaitu diantaranya: Ruam makulopapular, COVID toes, Biduran, Ruam vesikular, Petechiae atau purpura, Livedo racemosa, Iskemia dan nekrosis.

Selengkapnya bisa klik website di sumber link dibawah. 

Beberapa studi menyebutkan bahwa munculnya gejala ruam kulit tersebut berkaitan dengan reaksi daya tahan tubuh dalam melawan virus Corona atau efek samping obat-obatan.

Kepala departemen dermatologi di Howard University dr Ginette Okoye, menggambarkannya sebagai perubahan warna ungu kemerahan pada jari kaki, disertai dengan pembengkakan dan nyeri atau disebut sindrom COVID toes.

dr Okoye mengungkapkan COVID toes tak perlu dikahwatirkan, itu bisa menjadi tanda bahwa kekebalan tubuh meningkat terhadap virus Corona. Ruam ini juga cenderung terjadi pada pasien yang bergejala ringan.


Sumber :

https://www.alodokter.com/kenali-lebih-jauh-gejala-ruam-kulit-pada-covid-19

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5309793/ruam-biasa-vs-ruam-gejala-covid-19-seperti-dialami-dewi-perssik-ini-bedanya?single

No comments:

Post a Comment

Related Posts