Thursday, July 15, 2021

Berkorban dengan Banyak Kurban

Suatu waktu, Nabi Ibrahim berkorban dengan banyak kurban, yaitu berkurban 1000 kambing, 300 unta dan 100 unta di jalan Allah Swt. Kemudian orang-orang dan para malaikat kagum melihat itu, lalu Nabi Ibrahim Alaihis salam (AS) berkata:

“Semua yang telah dikorbankan, bukanlah apa-apa bagiku. Demi Allah, sekiranya aku mempunyai anak, niscaya aku sembelih di jalan Allah, dan aku korbankan kepada Allah Swt.”

Lalu waktu berlalu. 

Di waktu yang lain, Nabi Ibrahim ke Baitul Maqdis dan momohon kepada Allah Swt agar dikaruniai anak. Allah Swt pun mengabulkan doanya, Ismail pun lahirkan dari Siti Hajar.

Saat Ismail beranjak besar, Ibrahim bermimpi dan berbisik kalimat “tunaikanlah nadzarmu!” Hingga 3x. Dari hari yang kita sebut dengan hari tarwiyah, hari arafah dan hari nahar. 

Peristiwa pengorbanan ayah dan anak ini disebut kurban. Simbol pengorbanannya adalah binatang kurban. Berkurban artinya mengorbankan sebagian milik kita untuk kepentingan ibadah atau ritual. Peristiwa pengorbanan itu kemudian dirayakan, dijadikan ritual dan upacara keagamaan sebagai hari raya Idul Adha.


Secara etimologi, kurban atau qurban berarti 'mendekatkan diri.' Secara terminologi kurban berarti berjuang secara benar atas dasar takwa dan sabar, baik harta, tenaga, maupun jiwa dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah serta memperoleh keridhaan-Nya. Seringkali harta, tenaga, dan jiwa menjadi 'korban', belum menjadi 'kurban.' Hal ini lantaran dikeluarkannya bukan atas dasar takwa, sabar, dan ikhlas karena Allah.

Bila dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata kurban dan korban merupakan kata baku, dan keduanya memiliki arti yang cukup berbeda satu dengan lainnya.

Arti kata kurban :
  1. persembahan kpd Allah (spt biri-biri, kambing, domba//kibas, sapi, unta yg disembelih pd hari Lebaran Haji); misal: ia menyembelih sapi untuk --;
  2. pujaan atau persembahan kpd dewa-dewa: setahun sekali diadakan upacara mempersembahkan -- kepada Batara Brahma; -- misa (Kat), upacara mempersembahkan roti suci dan minuman anggur;

sedangkan kata korban berarti 
  1. pemberian untuk menyatakan kebaktian, kesetiaan, dan sebagainya; kurban: jangankan harta, jiwa sekalipun kami berikan sebagai --;
  2. orang, binatang, dan sebagainya yang menjadi menderita (mati dan sebagainya) akibat suatu kejadian, perbuatan jahat, dan sebagainya: sepuluh orang -- tabrakan itu dirawat di rumah sakit Bogor;

Sumber :
https://m.oase.id/read/9WGQYw-kisah-nabi-ibrahim-menyembelih-putranya-ismail-as
https://islami.co/berkurban-dengan-banyak-korban-atau-berkorban-dengan-banyak-kurban/
https://www.republika.co.id/berita/pw4h6w458/kurban-dan-korban
http://bkd.cilacapkab.go.id/p/147/korban,-kurban-atau-qurban

No comments:

Post a Comment

Related Posts