Tuesday, July 27, 2021

Kosongkan Gelasmu

Orang bijak bilang bahwa jika mau jadi orang hebat kita harus seperti gelas kosong. 

Ini seperti kita mempunyai jus yang penuh dalam 1 gelas. Gelas tersebut tidak kita bisa isi lagi. Untuk itu gelas tersebut harus kita kosongkan terlebih dahulu. Setelah kosong, gelas tersebut baru bisa diisi jus lagi.

Bahkan tidak hanya jus yang sama, namun bisa diisi dengan yang lain, seperti air putih, sirup dan susu. Jadi gelas kosong itu maksudnya agar selalu bisa diisi. Agar terus belajar, membaca, mendengar, dan lainnya.

Jika kita seperti gelas kosong, maka kita bisa selalu diisi, bisa belajar. 

Namun jika penuh, pasti tidak bisa diisi. Bahkan tumpah.

Gelas kosong adalah keinginan untuk mencari tahu dan belajar tanpa berhenti. Gelas kosong merupakan simbol kerendahan hati.

Sangatlah penting kita mempunyai sikap rendah hati mau belajar adalah ketika kita bertemu dengan orang lain. Umumnya orang yang sukses selalu lebih sering mendengarkan daripada berbicara. Ketika kita lebih banyak mendengar, di situ kita sama saja sedang proses belajar mendapatkan sebuah ilmu baru. 

Namun, sekali lagi, ilmu-ilmu tersebut tidak bisa kita tampung jika "gelas" sebagai wadah diri kita penuh. Oleh karena itu perlu kita kosongkan dulu agar dapat menampung ilmu yang baru. 

Hikmah yang dapat kita petik, kita harus belajar untuk tidak merasa bahwa diri menjadi yang paling pintar dan paling tahu. Karena ketika kita menganggap diri sudah paling tahu, maka kita tidak akan bisa menerima masukkan. Bahkan bisa-bisa kita akan menganggap orang lain itu bodoh. Padahal bukan orang lain yang harus disalahkan, tapi cara kitalah yang seharusnya dibenahi. Kita akan sulit menerima masukkan dari orang lain.

Jadi mari kita siap untuk melakukan kosongkan gelas sebelum belajar, dengan tidak sok pintar, sok tahu saat kita akan belajar. 


Sumber :

https://bobo.grid.id/read/08675987/jadi-gelas-kosong?page=all

https://www.cilyainwonderland.id/2020/07/belajar-seperti-gelas-kosong.html

https://www.sohibunnisa.com/belajar-menjadi-gelas-kosong/

https://www.mporatne.com/2020/07/manfaat-dari-kosongkan-gelasmu-saat.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts