Wednesday, July 7, 2021

Efek Simpang

Alhamdulillah akhirnya Vaksinasi Covid-19 telah aku terima kemarin. Beberapa info di media terdapat beberapa orang yang mengalami KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi) atau mengalami efek simpang atau efek samping. Dan bersyukur aku tidak mengalami KIPI tersebut.

Jadi bingung, apa bedanya antara KIPI atau mengalami efek simpang atau efek samping.

KIPI adalah semua kondisi medis yang muncul setelah dilakukannya imunisasi atau vaksinasi. Bisa berhubungan dengan vaksinasi, bisa pula tidak. KIPI dapat berupa reaksi vaksin, kesalahan prosedur, koinsiden, reaksi kecemasan, atau hubungan kausal yang tidak dapat ditentukan. 

Sedangkan efek simpang (adverse effect) itu bagian dari KIPI, yaitu efek yang tidak diinginkan yang terjadi akibat vaksinasi. Efek simpang adalah reaksi dari tubuh saat menghadapi zat yang masuk ke dalam tubuh, dan tubuh sedang menganalisis zat tersebut yang akan membuat tubuh kebal dan terhindar dari virus. 

Sedangkan efek samping (side effect) biasanya digunakan untuk obat. Efek samping dalam dunia kedokteran adalah suatu dampak atau pengaruh yang merugikan dan tidak diinginkan, yang timbul sebagai hasil dari suatu pengobatan atau intervensi lain seperti pembedahan. 


Sumber :

https://otcdigest.id/ulasan/vaksinasi-covid-19-berjalan-lancar-apa-bedanya-kipi-dengan-efek-simpang-dan-efek-samping

https://www.prosehat.com/artikel/beritaterkini/kipi-pasca-vaksinasi-covid-19

https://gudangilmu.farmasetika.com/tahukah-anda-bedanya-efek-samping-dan-reaksi-merugikan-dari-obat/

https://id.wikipedia.org/wiki/Efek_samping

https://www.youtube.com/watch?v=lfDOseggwVA

No comments:

Post a Comment

Related Posts