Thursday, January 9, 2020

Platform Economics in Nutshell

Pasar tidak seperti alam; keduanya dipenuhi dengan persaingan sengit, kelangsungan hidup dan kepunahan, keanekaragaman yang luar biasa, perubahan lingkungan, dan teknik yang tampaknya tak terbatas untuk berkembang.

Saat ini, kami melihat spesies yang sangat terpukul oleh perubahan iklim, seperti beruang kutub, atau spesies yang terancam oleh perubahan habitat, seperti harimau dan mamalia pemangsa besar lainnya. Dan kami melihat pasar yang setara dengan pasar yang bergerak dari batu bata dan mortir ke online, seperti industri perjalanan misalnya, dan habitat alami industri lainnya, jika Anda mau, menyusut, seperti manufaktur Barat.

John Cambers, ketua perusahaan yang terdaftar S&P 500, Cisco Systems, memperkirakan bahwa dalam 10 tahun ke depan 40% dari semua bisnis akan punah kecuali mereka memodifikasi model bisnis mereka untuk memasukkan teknologi baru.

Berdasarkan metafora kehidupan liar, orang menemukan tiga spesies berbeda dari perusahaan online: great white sharks (hiu putih besar), swordfish (ikan pedang) dan piranha. Binatang digital ini adalah perusahaan yang dapat berkembang di lingkungan online baru mereka.



Great White Sharks 

Yang paling jelas adalah digital white great. Ini adalah perusahaan online besar — ​​perusahaan sering kali asli dari lingkungan digital mereka. Google, Facebook dan Amazon, untuk beberapa contoh, adalah contoh sempurna dari digital great white sharks dan ditandai oleh beragam portofolio produk dan aset besar. Dan dengan kehadiran pasar yang substansial, maka cenderung ada sangat sedikit raksasa ini, seperti versi akuatik mereka.

Di mana great white sharks memiliki selera yang luar biasa agar sesuai dengan ukurannya, digital great white sharks seperti Google harus tetap kompetitif dengan memiliki kehadiran di banyak industri. Dalam dunia hiburan, Google memiliki YouTube dan Google Play, distributor aplikasi Android yang dominan. Google Fonts dan Web Designer membantu Google tetap kompetitif dalam mendesain perangkat lunak, sebuah area yang secara tradisional didominasi oleh Apple, digital great white sharks lainnya. Agar tetap di atas, R&D sering dijadikan prioritas dan untuk itu Google telah memperluas portofolio kecerdasan buatan mereka akhir-akhir ini.


Swordfish

Di suatu tempat di antara piranha dan putih besar adalah swordfish atau ikan pedang atau ikan todak. Tidak selincah piranha, belum beragam seperti putih besar, perusahaan seperti Airbnb, Netflix atau Zalando cukup besar dan cukup cepat sehingga jarang terancam.

Pangsa pasar mereka berarti bahwa mereka tidak mungkin menghilang dalam waktu dekat. Sementara piranha digital dapat datang dan pergi peluang seorang Uber, misalnya, menghilang semalaman tidak mungkin. Masih lebih banyak daripada kulit putih besar, beberapa perusahaan cenderung memimpin jalan bagi industri apa pun mereka berada.

Hampir pada puncak pertumbuhan, perusahaan-perusahaan ini masih memiliki peluang pertumbuhan, tetapi fokus pada pengembangan model mereka pada produk-produk spesifik-vertikal. Sebagai contoh, sebagai perusahaan yang memulai dengan memposting DVD, kemudian streaming broadband, Netflix siap menjadi produser TV dan film global. Dengan seri-seri seperti Marseille, apa yang secara tradisional akan disediakan untuk audiens Prancis eksklusif sekarang dapat dilihat di seluruh dunia berkat subtitle. Netflix telah datang dengan cara yang cukup sejak amplop merah itu. Untuk ikan todak digital, sangat penting bahwa mereka tetap cukup inovatif untuk mulai bercabang menjadi industri yang melengkapi kompetensi inti mereka.


Digital Piranhas

Para digital piranha adalah spesies yang mungkin ingin dijaga David Attenborough digital. Perusahaan seperti ini kecil tetapi sangat kompetitif dan agresif terhadap mangsanya. BlaBlaCar, Shazam dan slack hanyalah beberapa di sekolah ini.

Sebagian besar perusahaan ini tetap fokus pada produk mereka. Tidak seperti digital white whites, mereka tetap fokus pada pasar khusus, terkadang bahkan niche, dan memprioritaskan spesialisasi daripada diversifikasi. Persaingan mereka hampir secara eksklusif adalah perusahaan-perusahaan yang menawarkan produk yang sama. Dan seperti piranha dunia nyata, mereka harus tetap cepat dan bugar agar memiliki kesempatan untuk mendominasi pasar.

Industri iGaming adalah contoh sempurna dari persaingan ketat dan model bisnis yang berfokus pada produk yang begitu lazim dalam spesies digital ini. Kasino online bgo dan Mr Green menawarkan pelanggan putaran gratis dan setoran yang sesuai untuk memikat pelanggan dan tetap kompetitif. Industri iGaming adalah perwakilan lebih lanjut dari piranha digital karena mereka belum mencapai kedewasaan mereka. Dengan insentif dan spesialisasi mereka berharap untuk menyudutkan pasar dan dengan persaingan yang begitu ketat produk dan pengembangan mereka bisa menjadi yang tercepat.


Seperti halnya di dunia hewan, dalam pasar digital, evolusi memiliki banyak kejutan dan tidak ada yang bisa langsung mengatakan apa yang akan atau tidak akan berhasil.


Sumber :
https://themerkle.com/from-piranha-to-great-white-shark-evolution-in-the-digital-marketplace/

No comments:

Post a Comment

Related Posts